Pasca Sosialisasi, Pemdes Gadog Langsung Bangun RTLH

BOGOR, INFODESAKU – Pemerintah Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor dalam beberapa hari kedepan sedang merealisasikan program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada warga masyarakat Desa di 19 titik.

Nampak terlihat seperti di lingkungan RW 04, Kampung Sukabirus, saat ini beberapa rumah dari 19 unit yang sedianya mendapat bantuan satu persatu dengan kondisi membutuhkan perbaikan dan peningkatan kualitas tersebut sudah terlihat dibongkar, terutama bagian-bagian yang akan direhab seperti atap serta dindingnya.

Adapun kucuran dana sebesar Rp.10 juta diberikan kepada penerima manfaat program RTLH tersebut yang dianggarkan sebagian besar pada pembelian bahan bangunan sesuai kebutuhan rumah yang di rehab, sebagiannya lagi digunakan untuk mengakomodir honor tukang dan kebutuhan alat perkakas.

Menurut Aditya Rizki, Ketua TPK Desa Gadog mengatakan pihaknya dalam pelaksanaan realisasi program RTLH ini diserahkan pada tim khusus yakni Tim Pengelola Kegiatan yang diantaranya diisi juga oleh unsur kewilayahan seperti Ketua RT dan RW setempat.

“Pemdes Gadog senantiasa berusaha seoptimal mungkin mengakomodir kebutuhan warganya, sebelum dibongkar kami melakukan sosialisasi dan koordinasi pada Rabu lalu. Hari ini mulai pengerjaan,” terangnya, Selasa (9/10).

Masih kata Aditya, Ia menambahkan setiap rumah yang di rehab menggunakan bahan bangunan bervariasi, menggunakan Batako dan juga Hebel.

“Selain memakai batako untuk dindingnya juga menggunakan hebel biar lebih ringan dan irit semen serta pasir yang digunakan,” ujarnya.

Ditempat yang sama Samiadi, Ketua RW 04, Kampung Sukabirus mengaku dengan adanya program RTLH yang diperuntukkan untuk warganya tersebut tentunya sangat membantu dan bermanfaat.

“Karena ini sifatnya bantuan atau hibah dari Pemerintah, untuk anggaran dananya pun tidak diberikan secara langsung kepada penerima, karena dikhawatirkan tidak efektif, makanya dipegang oleh bendahara Desa,” imbuhnya.

Sementara itu Bibih, Salah satu penerima manfaat mengaku senang dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Gadog.

“Senang rasanya, Alhamdulillah bangunan rumah saya ini sudah 20 tahun sekarang dapat bantuan bahkan tadinya banyak yang retak pada dinding dan hancur atapnya. Terima kasih banyak saya ucapkan kepada Pemerintah Desa Gadog.” pungkasnya.

Laporan : Taufik

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional