Pemdes Cibatok 1 Bangun TPT Pakai Dana Desa

BOGOR, INFODESAKU – Sesuai usulan dari warga, Pemerintah Desa Cibatok 1, Kecamatan Cibungbulang. Kabupaten Bogor tengah membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di wilayah RT 001/002 dengan menggunakan anggaran Dana Desa Tahun 2018 sebesar Rp. 294.783.00,- (Dua Ratus Sembilan Puluh Empat Juta tujuh Ratus Delapan Puluh Tiga Ribu Rupiah).

Dikatakan Erik Setiawan Sekdes Cibatok 1 kepada infodesaku pada Senin (15/10), hal tersebut dilakukan untuk menormalisasi aliran sungai yang mengaliri di dua desa, yakni Desa Cibatok Dua dan Desa Cimanggu dua yang tadinya aliran sungainya kurang.

“Maka dibangunlah TPT, karena kalau tidak dibuatkan TPT maka airnya tumpah sebagian. Bukan hanya membangun TPT, ini sekaligus membuka jalan dengan lebar kurang lebih 3 meter. Dikarenakan ini program berkelanjutan yang tadiya jalan setapak menghubungkan antar kampung Cibatok RT 01 RW/02 dengan Kampung Cisauk RW 07 untuk TPT kanan kiri sekitar 618 meter, untuk betonisiasi jalan di tahun 2019 dari bantuan provinsi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Erik berharap normalisasi aliran sungai ini bisa tercapai dan betonisasi jalan ini bias dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Dikarenakan untuk wilayah sini masih banyak pesawahan dan perkebunan ada tempat kegiatan secara ekonomi misalkan orang membawa hasil panen dan membawa pupuk bisa langsung terangkut oleh kendaraan bermotor,” pungksnya.

Sementara itu salah satu warga setempat, Herman mengapresiasi langkah pemerintah desa Cibatok 1 dengan pembangunan tersebut.

“tentunya ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai masyarakat, terutama bagi para petani yang memang sebagian besar warga disini bermata pencaharian sebagai seorang petani,” pungkasnya.

Laporan : IES

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau