Meski Baru Seumur Jagung, Peucang Exis Lakukan Penataan Desa Balekambang

SUKABUMI, INFODESAKU – Menumbuhkembangkan kembali budaya gotong royong (Sabilulungan), Pemuda Ciater Balekambang (Peucang) berinisiatif membangun gardu, bersih-bersih jalan penghubung di daerahnya mereka exsis melaksanakan kegiatan tersebut hampir 3 minggu, karena sebelumnya membersihkan gorong-gorong di jalan gudang yang dangkalnya hampir 40 cm, tepatnya di RT 01/RW 05, Desa Balekambang, Minggu. (21/10/18).

Dikatakan pembina Peucang, Adinda Suryahadi ketika ditemui infodesaku, kegiatan kepemudaan ini kurang lebih dilakukan sudah hampir satu bulan, sebelum bangun gardu terlebih dahulu kami membersihkan gorong-gorong jalan, mengingat musim hujan akan tiba untuk antisipasi kebanjiran di jalan gudang ini, selain itu tujuannya untuk memperindah lingkungan alam di kampung ini.

“Sebagai warga kita berkewajiban menjaga lingkungan atau menata lingkungan, kali ini kita adakan kerja bakti yang berjalan hampir 3 minggu. Kegiatan tersebut saya arahkan kepada anak-anak itu supaya kita mengkritik pemdes tetapi bukan dengan bicara aja melainkan kerja nyata, terutama saluran gorong-gorong tertutup tanah dan sampah ketebalannya sudah hampir 40 cm sebentar lagi musim hujan apa lagi jalan tersebut pengarah ke arah desa,” ujarnya.

Lanjut Aa Dj sapaan akrabnya, kita menggunakan alat seadanya bahkan untuk beli cangkul dan peralatan yang lain juga buat makan itu hasil dari swadaya pecang.

“Kedepannya pemuda akan budidaya tanaman organik,” imbuhnya.

Sementara Ade Solihin menambahkan, anak-anak muda di sini kan memang dari dulu belum ada pembentukan kepemudaan, jadi setelah terbentuk Pecang dimulailah kerja bakti memperbagus lingkungan, jika ada dorongan dari pihak luar yang mau ikut silahkan.

“Ini merupakan awal rintisan, kita juga perlu waktu perencanaan kedepannya untuk menata lingkungan di desa kami terlihat indah seperti desa wisata, mengingat sebagian besar pemuda disini pengangguran jadi memang tujuannya wilayah Desa Balekambang ini betul-betul ingin menciptakan lapangan kerja,” tutupnya.

Laporan : DEV

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional