Kades Limbangan Tengah : Masyarakat Sehat, Desa Kuat

GARUT, INFODESAKU – Kesehatan merupakan aset berharga dalam kehidupan, sadar akan hal tersebut Kepala Desa Limbangan Tengah, Kecamatan BL. Limbangan Tata Sumirta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) kader Posyandu melalui pelatihan dengan tema meningkatkan peranserta posyandu dalam kesehatan masyarakat di Aula Desa, Rabu (5/12).

Dalam sambutannya Tata Sumirta menegaskan agar para peserta fokus dalam mengikuti pelatihan agar materi yang disampaikan terserap dan dipahami sehingga dapat memperaktekannya dilapangan dan mampu menularkan ilmunya kekader yang lain.

“Masalah kesehatan merupakan faktor utama didalam kehidupan, masyarakat sehat desa pun kuat,” tegasnya.

Tata juga mengungkapkan, dirinya sangat serius dalam urusan kesehatan masyarakat hal tersebut dibuktikan dengan pembangunan tiga buah posyandu dan diselenggarakannya pelatihan bagi kader posyandu.

“Posyandu ini bukan hanya untuk melayani kesehatan saja tapi bisa juga dimamfaatkan sebagai bale pertemuan warga atau poskamling,” pungkasnya.

Seusai menerima kunci Tika kader dari RW 07 sangat mengapresiasi akan keseriusan pemerintah desa dalam hal membangun kesehatan masyatakat, atas nama kader posyandu dirinya mengucapkan terimakasih dan akan memamfaatkan fasilitas yang dibangun secara maksimal agar terwujudnya masyarakat yang sehat rohani dan jasmaninya.

“Pelatihan ini selain untuk menambah ilmu dan wawasan tentang tupoksi posyandu serta kesehatan, juga menjadi motofasi kami untuk memberikan pelayanan yang lebih prima,” ungkapnya.

Pelatihan ini diikuti oleh semua kader yandu dari semua RW dan merupakan salah satu kegiatan P3MD yang didanai oleh APBN (Dana Desa) sebagai mana dijelaskan Sekretaris Desa Huki Muldani.

“Kegitan pelatihan ini merupakan realisasi dari Dana Desa tahun anggaran 2018 dengan jumlah anggaran Rp. 15.000.000,-,” jelasnya.

Pemateri dari Puskesmas Limbangan dengan materi utama pola hidup bersih dan sehat serta pencegahan penularan penyakit.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau