Datangi Sukabumi, Ini Kata Menteri Desa PDTT dan Menteri BUMN

SUKABUMI, INFODESAKU – Mentri BUMN RI Rini Soemarno memimpin pemberian rompi dan paket kerjasama kepada tamu undangan Rini Soemarno, Menteri BUMN RI, meminta seluruh pihak untuk membantu membina para menejer BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) agar usahanya lebih baik.

Hal tersebut Ia sampaikan dalam acara Sosialisasi Kerjasama dan Pembentukan Perta Shop dan BUMN Shop Dalam Mendukung Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, tepatnya Gedung Aula Hotel Augusta Cikukulu, Rabu (5/12/18) malam.

Kepada ratusan tamu undangan yang terdiri dari camat, kepala desa, serta ketua dan anggota BUMDes se-Kabupaten Sukabumi tersebut, Rini menegaskan, pihaknya akan membuat program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Kementerian BUMN akan membantu pemasaran produk asli Sukabumi yang diproduksi oleh BUMDes hingga mencapai pasar luar negeri,” jelasnya.

“Tujuan akhirnya tentu saja membuat perekonomian masyarakat Sukabumi lebih maju,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa PDTT (Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) RI, memuji para pendamping desa yang telah berdedikasi dalam membantu membangun desa di Kabupaten Sukabumi.

“Pembagunan desa juga di pantau oleh negara-negara tetangga. Bahkan, mereka mengirim delegasi untuk melihat perkembangan pembagunan desa,” ujarnya.

Eko menyebut hal itu wajar, mengingat pemerintahan RI berkomitmen tinggi dalam hal pembangunan yang dimulai dari tingkat desa.

“Kucuran dana dari pemerintah terus ada peningkatan hingga mencapai Rp187 triliun. Bahkan, nantinya akan terus meningkat setiap tahunnya,” bebernya.

Ia berpesan, agar para Kades tidak melulu menggunakan Dana Desa untuk infrastruktur. Tapi juga harus melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Jika masyarakat punya keterampilan, maka mereka akan memiliki pekerjaan. Kemudian dipastikan mereka akan memiliki penghasilan,” ujarnya.

Ia mengklaim, pemerintah berhasil mengurangi angka kemiskinan pedesaan dan perkotaan hingga mencapai 9,82 persen pada tahun ini.

“Ini capaian yang luar biasa dan masih bisa terus meningkat,” pungkasnya.

Laporan : BA

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional