Menteri Desa Tak Malu Lakukan Ini

BOGOR, INFODESAKU –  Biasanya seorang pejabat Negara ketika ada satu kegiatan itu hanya terima duduk rapih atau datang itu memberikan sambutan saja. Ada kejadian unik dan menarik sekaligus membuat decak kagum bahkan sempat jadi viral saat itu dimana tak banyak masyarakat tahu soal persiapan acara yang melibatkan banyak pihak mulai dari Presiden, Menteri hingga tingkat Pemerintahan Desa saat berlangsungnya agenda Sosialisasi Dana Desa tahun 2019 yang merupakan acara Kementerian Desa dan PDTT di Cigombong, pada Minggu (2/12).

Pemandangan tak lazim tersebut nampak dicontohkan oleh orang sekaliber Menteri seperti Eko Putro Sandjojo, sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia tengah mengangkat papan guna membantu mendirikan tenda dan panggung untuk acara tersebut, Tidak segan-segan meskipun dirinya seorang pejabat Negara, akan tetapi patut diacungi jempol yang turut serta membantu saat mempersiapkan tenda dan peralatan acara bersama Panitia dan para Pendamping Lokal Desa.

Apa yang dicontohkan oleh Menteri saat itu bahkan menjadi viral di Media Sosial, menurut Dudi A.N, salah satu Pendamping Lokal Desa di wilayah Cisarua, menuturkan bahwa saat itu Menteri membantu mempersiapkan acara karena dilokasi banyak yang belum siap.

“Dengan sigap Pak Menteri merangkap jadi tukang tenda, asli itu bukan pencitraan, bahkan saya juga berlumuran lumpur waktu itu, pasca turun hujan cukup lebat,” ungkapnya.

Masih kata Dudi, dirinya mengaku malu atas kejadian ini, karena persiapan terlihat sangat mendadak sehingga kru saat itu kewalahan jika tidak ada yang membantu.

“Saya merasa malu, Pak menteri sampai turun tangan ikut bantu-bantu kru yang kewalahan mempersiapkan tenda, Kesabaran dan ketenangan beliau yang membuat seluruh Pendamping dari berbagai tingkatan yang ada saat itu merasa terharu dan bangga memiliki sosok Menteri Desa yang benar-benar mendesa. Sikap kegotong royongan, lemah lembut dan selalu merendah sebagai mana karakter orang Desa,” ungkapnya memuji.

Oleh karenanya kata Dudi, Presiden R1 tidak salah memilih, meskipun berlatar belakang sebagai Menteri Desa sejatinya Ia pun menjadi seorang Direktur dari sebuah Perusahaan Besar skala Nasional.

“Saat itu terjadi hujan yang cukup lebat, Pak Dirjen P2MD Kementerian Desa PDTT RI pun setia membantu kami hingga larut malam turut serta menyingsingkan lengan baju, bahu membahu bekerja secara Team Work dengan kami yang bukan siapa-siapa karena semata-mata untuk kepentingan masyarakat Desa dan ingin mensukseskan acara tersebut,” tuturnya.

Sementara itu ditempat yang berbeda, Ade Salman, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Ciawi yang pada saat itu juga berada dilokasi mengapresiasi apa yang dilakukan seorang Menteri Desa dan membuat decak kagum bagi orang yang melihatnya.

“Iya itu kan acara Kemendes dan juga tidak mau mengecewakan akan kedatangan Presiden R1, sehingga Pak Menteri sampai berjibaku bahu membahu dibantu juga dengan para Panitia, Pendamping Desa dan PLD serta elemen lainnya mendirikan tenda dan panggung. Jujur secara pribadi saya bangga mempunyai Menteri yang benar-benar merakyat seperti beliau itu.” pungkasnya.

Laporan : TAUFIK HIDAYAT

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional