Inovasi Kreatif, Pemdes Barudua Gelar Pelatihan Produk Unggulan Desa pada KWT

GARUT, INFODESAKU – Bertempat di Mess Kampung Pangkalan Desa Barudua pelatihan pengolahan produk unggulan strawberry untuk inovasi pengolahan makanan ringan yang mana sasarannya untuk para wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata strawberry di Desa Barudua, adapun Trainer yang melatih keterampilan pengolahan makanan tersebut Asep Sutarman yang mana dirinya sudah berpengalaman di dunia perkulineran di mancanegara, Kamis (6/12).

Hadir dalam pelatihan tersebut Sekretaris Camat Kecamatan Malangbong Asep Adjun Wahyudin, Kasibudpar Kabupaten Garut Agus Koswara, Kepala Desa Barudua Endang Yana, Sekretaris Desa Barudua Tumirin Effendi, bendahara Desa Barudua Agus Suhendar, Kasi Pelayanan Lia Yulianti dan Kader KWT (Kelompok Wanita Tani) yang di ketuai oleh Piah sebagai peserta pelatihannya.

Irfan Fatoni perwakilan Kompepar Kecamatan Malangbong menuturkan kepada awak media, ucapan terimakasih kepada Disparbud yang sudah mengawal desa agrowisata baruda.

“Alhamdulillah sekarang dilaksanakan pelatihan pengolahan strawbery yang menjadi produk unggulan desa (Prudes) dengan sudah adanya prudes bisa lebih mengangkat dan meningkatkan ekonomi masyarakat yang berujung menjadi desa mandiri. Mudah-mudahan kedepan desa wisata yang ada di Kecamatan Malangbong bisa mengikuti jejak Desa Barudua dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Terpisah, Endang Yana, Kepala Desa Barudua menuturkan, maksud dan tujuan diadakannya pelatihan tersebut, berkeinginan menjual strawberry ini sudah dalam bentuk olahan.

“Selama ini desa kami ini kan penghasil Strawberry terbaik di Indonesia yang mana selama ini kita menjual hanya yang freshnya saja,” ujarnya.

Lebih lanjut Endang berharap, dengan ekonomi kreatif melalui prukades ini akan bisa bersaing dengan produk unggulan yang ada di berbagai daerah, dengan begitu kita harus terampil dalam hal kemasan.

“Karena kemasan inilah yang membuat tertarik terhadap produk yang kita buat atau istilahnya eye catching, kan dengan sendirinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutupnya.

Laporan : RIYADI

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional