Pemdes Sukajaya Akan Kembangkan Potensi Alam Curug Sawer Jadi Pendapatan Asli Desa

BOGOR, INFODESAKU – Begitu banyak potensi di desa yang bisa di kelola dan dikembangkan bersama oleh pemerintah desa dan masyarakat desa itu sendiri. Tinggal bagaimana membuat sebuah perencanaan yang strategis dalam menentukan sektor usaha apa yang akan di fokuskan untuk di jalankan.

Salah satu sektor potensi alam yang dapat di gali dan kembangkan menjadi  pariwisata yang ada di Desa Sukajaya, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Ada tiga potensi alam yaitu mata air, curug sawer dan situs yang nantinya akan di kelola jadikan wisata.

Menurut Kaur Perencanaan Sahrul Rohman, mengatakan potensi alam yang ada di wilayah Sukajaya saat ini belum kita kelola, tapi sudah menjadi perencanaan pihak pemdes yang akan di kembangkan dan menjadikan pariwisata khususnya curug sawer.

“Curug Sawer berada di dua wilayah yakni RW 04 dan RW 05. Jarak kelokasi ditempuh 500 meter meskipun hanya bisa di lalui roda dua, tapi para pengunjung banyak dari wilayah Bogor maupun dari luar Bogor” ungkapnya.

Menurut Sahrul pembahasan nantinya akan berkolaborasi dengan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, RT, RW. “Bagaimana mengelola sumber daya alam yang ada meskipun segala sesuatu membutuhkan biaya, tapi kalau potensi alam gak perlu semuanya pakai biaya bisa di swadayakan kalau terjalin komunikasi baik dengan masyarakat spirit buat kepentigan bersama maka akan berjalan lancer,” jelasnya

Laporan : YUD

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Tanah Jampea di Kepulauan Selayar Pulau Bergelimang Potensi Yang Tak ‘Terjamah’

Kopi Dukuh Tumbuh di Silayung Park Cibatu