Desa Tinggar Adakan Pentas Seni Calung dan Rudat

KUNINGAN, INFODESAKU – Dalam rangka memajukan kesenian tradisional sunda pada warganya, Pemerintah Desa Tinggar, Kecamatan Kadugede, mengadakan  kegiatan pentas seni calung dan rudat pada Selasa (11/12) bertempat di Balai Desa Tinggar.

Kegiatan pentas seni calung dan rudat ini, di hadiri oleh Kepala Desa Tinggar, Muspika Kecamatan Kadugede, perwakilan dari Kementrian Sosial, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,Kabid Perlindungan Jaminan Kesehatan, Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana, Perangkat Desa Tinggar, Ketua BPD, Ketua LPM, tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat Desa Tinggar.

Menurut Kepala Desa Tinggar, Ceceng, kegiatan pentas seni calung dan rudat ini untuk memajukan kesenian tradisional sunda calung dan rudat . Tujuannya adalah agar kesenian tradisional seni calung dan rudat ini tidak hilang, tetap terjaga kelestariannya serta dikenal oleh generasi berikutnya.

“Kegiatan pentas seni calung dan rudat ini untuk memasyarakatan kesenian tradisional sunda  supaya tidak hilang, agar generasi berikutnya  mengenal dan dapat melestarikan seni budaya sunda,” terang Ceceng.

Sementara salah satu warga, Dani (35) merasa senang dengan adanya kegiatan pentas seni calung dan rudat ini , kelestrarian kesenian tradisional sunda bisa terjaga.

“Sangat bagus sekali pemerintah desa mengadakan pentas kesenian tradisional sunda, selain untuk melestarikan seni budaya sunda juga memperkenalkan kepada anak-anak muda bahwa kesenian tradisional itu sangat indah dan dapat dikembangkan serta mudah dipelajari,” pungkasnya.

Laporan : BUDI/AJH

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan