Wapres RI Hadiri Indonesian Migrant Worker 2018 di Sukabumi

SUKABUMI, INFODESAKU – Upaya pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dalam penanganan dan perlindungan pekerja migran Indonesia mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat.

Nampak Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan kepada Marwan Hamami, Bupati Sukabumi saat menghadiri Indonesian Migrant Worker 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia di Pusbangdai (Pusat Pengembangan Dakwah Islam) Cikembang, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (18/12/2018).

“Pemerintah perlu memberikan pemberdayaan untuk meningkatkan kemampuan kepada para calon TKI (Tenaga Kerja Indonesia),” tutur Wapres JK dalam sambutan.

“Bekerja di luar negeri tidak mudah. Banyak suka dan duka bahkan banyak para tenaga kerja migran kita terjerat kasus. Disitu pemerintah harus hadir memberikan perlindungan,”terangnya.

JK berharap masyarakat yang berniat menjadi TKI untuk mengikuti pelatihan dan peningkatan kemampuan yang telah disediakan lembaga yang di kelola pemerintah atau lembaga lainnya.

“Jadi mereka ke luar negeri itu sudah siap karena memiliki skill,” tegasnya.

Di tempat sama Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku bangga dengan apresiasi yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

“Pemkab Sukabumi dianggap telah memiliki trobosan terkait peningkatan kemampuan para pekerja. Tertib administrasi juga menjadi hal yang kami perhatikan agar mudah saat mencari data,” paparnya.

“Para pekerja migran yang sudah kembali juga kita bina melalui program kewirausahaan. Kami dorong agar mereka bisa memahami potensi daerahnya untuk membangun usaha sendiri,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Sukabumi memberikan bantuan kepada para mantan TKI yang tidak beruntung saat bekerja di luar negeri.

 

Laporan: BA

Related posts

Pemdes Bojong Rangkas Serah Terima Kunci RTLH

Ini Kata Danki “Pembangunan TPT Tebing Dua Hari di Perkirakan Selesai”

Terangi Hati Dengan Lebih Peduli, Barucis Kembali Santuni Anak Yatim Dan Jompo Desa Cipeuteuy