Petani Padi Gunung Desa Salletto Butuh Sentuhan Pemerintah

MAMUJU, INFODESAKU – Sejumlah petani padi gunung di beberapa Dusun Tadagang Desa, Salletto Kecamatan Simboro Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat Budidayakan Padi Gunung.

Informasi dihimpun wartawan dari salah satu petani padi gunung, Kamis (20/12), mereka melakukan pola penanaman masih secara tradisional dan belum mendapatkan pembinaan dari pemerintah setempat.

Abd Rasyid salah satu petani padi gunung menuturkan, saat ini petani gunung di desa salletto hanya menggunakan alat tradisional seadanya membudidayakan padi gunung.

“Kami sebagai petani berharap agar juga mendapat perhatian pemerintah dalam hal ini dinas pertanian baik kabupaten ataupun provinsi” terangnya

Masih dia, saat ini kami terkendala dan membutuhkan pupuk padi serta peningkatan sumber daya manusia dalam pengembangan padi gunung, petani di sini hanya mengandalkan ilmu yang diwariskan secara turun temurun, tentu kami berharap ada semacam pelatihan dan pemberian bantuan alat moderen sehingga membantu peningkatan kesejahteraan petani.

Saat ditanya soal asal muasal padi gunung tersebut, Abd Rasyid mengatakan padi gunung ini adalah beras lokal, yang sudah menjadi budaya tanaman turun temurun, tidak diketahui pasti sumber bibit padi gunung ini berasal.

“Hasil padi gunung ini, lebih enak di konsumsi dari pada beras biasa nya pak, ini hasilnya lebih teras lembut dan punya aroma yang enak.” pungkasnya.

 

Laporan : Busman

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra