Rakor Kades, Camat Kiswoyo Berharap Tahun 2019 Todanan Lebih Baik

BLORA, INFODESAKU– Rapat Koordinasi Pemerintahan Desa sekecamatan Todanan dilaksanakan di pendopo kecamatan setempat, Kamis, (17/1). Hadir dalam kegiatan Forkopimcam Kecamatan Todanan serta Kepala Desa se-Kecamatan Todanan.

Kiswoyo, SH, M.Si selaku Camat Todanan dalam sambutannya menyoroti beberapa hal terkait dengan evaluasi kinerja aparatur pemerintah desa, yakni terkait dengan menyelesaikan laporan – laporan yang belum terlaksana baik terhadap Kecamatan maupun Kabupaten.

Pada pemaparannya, Kiswoyo mengingatkan tentang Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) yang tidak ada atau belum dibuat serta membahas penggunaan Dana Desa.

“Dalam pelaksanaan pekerjaan fisik, jangan sampai Kepala desa ketika ditanya tidak tahu titik lokasinya. Pekerjaan harus sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Bilamana ada kelebihan dana desa, kembalinya pun ke desa dan menjadi kas desa. Bagi Pendamping desa harus mengawal pembangunan desa, jangan sampai hanya jadi tamu. Awal perencanaan harus dikawal agar tidak kena klaim,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut, ada pula penerimaan perangkat daerah yang dimutasi dari Kasi Pemerintah Kecamatan Japah menjadi Kasi Kesra (kepala seksi kesejahteraan Rakyat) di Kecamatan Todanan, Kaswati.

Baca Juga: Destinasi Pembuangan Sampah di Sebelah Jembatan Pakis Blora

Selanjutnya acara dilanjutkan sesi tanya jawab antara pihak kecamatan dengan kepala desa yang diwakili oleh Sugeng, Kades Cokrowati.

“Kekosongan perangkat mengapa sampai lama belum diisi? Dalam pendidikan, kesejahteraan guru Madin apakah boleh diambilkan dari dana desa?” tanya Sugeng.

Pertanyaan ini langsung dijawab oleh Camat Todanan Kiswoyo;

“Dalam pengaduan kekosongan perangkat harus melalui lampiran surat dari desa ke kecamatan yang diteruskan ke Bupati, dengan kata lain ijin lewat Bupati. Mengenai honorer guru Madin sebenarnya sudah ada dari Provinsi, jika mendapat dari Provinsi tidak usah diambilkan dari dana desa,” jawabnya.

“Saya harap pada pelaksanaan pemerintahan desa di Kecamatan Todanan tahun 2019 bisa lebih baik lagi.” Pungkas Kiswoyo berharap.

 

Laporan : INDES BLORA/ Zaenal Arifin

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra

1 comentar

Ahmad ari mustofa 21/04/2019 - 23:16

Semoga desa desa di kecamatan todanan lebih maju, kami harap setiap berita dan informasi perkembangan desa selalu di update, pemerintah desa harus transfaran supaya warga bisa memantau perkembangan desanya dan bisa mengkritisi setiap ada penyelewengan.

Add Comment