Pemdes Waru Barat Delegasikan Salah Satu Kader KPM Ke BBLM Yogyakarta

PAMEKASAN, INFODESAKU– Pemerintahan Desa (Pemdes) Waru Barat, Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur mendelegasikan salah satu kadernya Aisyah yang sekaligus pengurus BUMDes untuk mengikuti pelatihan kader pemberdayaan masyarakat desa ( KPMD) angkatan 1,2 dan 3 di BBLM yogyakarta.minggu 28/01/2019.

Pendelegasian ini bertujuan untuk meningkatkan pera serta Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) dan memberikan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi Kader Pemberdayaan Desa di Masyarakat.

“Pelatihan kali ini membahas tentang bagaimana peran BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) sebagai wadah pemberdayaan bagi masyarakat desa sehingga masyarakat Desa bisa berdaya saing dan mampu meningkatkan kesejahteraan dirinya dan keluarganya. Salah satu pemateri yang diundah yaitu Kepala Desa Panggungharjo yang Desanya merupakan salah satu Desa terbaik di Indonesia,” kata Aisyah saat dikonfimasi tim wartawan infodesaku melalui via whatshap.

“Bukan tidak mungkin, Desa Waru Barat bisa meniru pola usaha di Desa Panggungharjo. Namun, memang kendalanya di pendanaan kayaknya yang tidak memadai karena ada beberapa faktor termasuk besar ADD dan DD yang cukup besar tapi itu bukan masalah atau hambatan. Selagi, kita mau bekerja, In shaa Allah semua bisa tercapai,” tuturnya 28/1/2019.

Ia menambahkan jika seluruh unit usaha BUMDes bisa berjalan, sangat mungkin Desa Waru Barat bisa menjadi seperti Panggungharjo.

Sementara itu Kepala Desa Waru Barat, Abdussalam Ramli, yang dihubungi via telpon dan kebetulan beliau di rawat di RSUD Waru menyatakan bahwa besaran Dana Desa yang akan dikucurkan kepada BUMDes tahun ini adalah Rp. 400.000.000,-. Penyertaan modal ini tidak kecil dan harus digunakan semaksimal mungkin untuk membangun unit usaha BUMDes yang baru.

“Semoga ke depan, kita bisa membangun Waru Barat lebih baik lagi.” Ujarnya

Ia berharap, semoga melalui pelatihan ini pihaknya dapat menyerap ilmu dan dapat menerapkannya semaksimal mungkin demi kemajuan Desa Waru Barat.

 

 

Laporan : AC/MWB

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra