Hebat, Kampung KB Desa Brumbung Menjadi Duta Percontohan KKB di Kabupaten Blora Bulan Mendatang

BLORA, INFODESAKU – Kampung KB (KKB) Guyub Rukun Desa Brumbung, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora dilakukan monitoring evaluasi (Monev) oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah. Selasa, (29/01/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Kasubid Hubalila BKKBN Jawa Tengah Nasri, Tim Fasilitator KKB Provinsi Jawa Tengah Jabar dan Kepala BKKBN Kabupaten Blora Winarno beserta rombongan.

Tujuan dari kegiatan monev adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi program BKKBN tentang keberadaan dan sejauh mana progress kampung KB di Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Blora. Dan yang dipilih adalah KKB Guyub Rukun RW. 01 Desa Brumbung yang dijadikan prototipe Kampung KB percontohan di Kabupaten Blora.

Selaku Kepala Desa Brumbung, Supardi menyambut kedatangan para tim BKKBN Jawa Tengah dengan hangat dan memberikan ucapan selamat datang.

“Selamat datang Kasubdit Bubalina BKKBN Jawa Tengah, Tim Fasilitator KKB Provinsi Jawa Tengah dan Kepala BKKBN Kabupaten Blora beserta rombongan,” ucap Kades Supardi.

Sedangkan, Pemaparan profil Desa Brumbung disampaikan Sholihul Anwar selaku Ketua Pokja KKB Desa.

“Kondisi KKB Desa Brumbung dan progres selama 4 bulan dari pasca pencanangan KKB. Dari impian kedepannya tentang KKB Guyub Rukun menjadi KKB yang mampu membuat Inovasi Desa berupa Pengemasan Air sebagai kebutuhan rumah tangga dan KRRL (Kawasan Rumah Ramah Lingkungan) di Desa Brumbung,” papar Solihul Anwar.

Dalam sambutannya Winarno selaku Kepala BKKBN Kabupaten Blora mengapresiasi program kerja KKB Guyub Rukun yang telah direncanakan pada bulan September mengalami perkembangan yang cukup baik.

“Saya memberikan apresiasi kepada KKB Guyub Rukun terkait program kerja KKB yang telah direncanakan tanggal 27 September 2018 kemarin, dan telah mengalami progres yang cukup baik. Dan saya juga akan memfasilitasi rencana kedepan KKB Guyub Rukun tentang pemanfaatan SDA berupa air dalam bentuk pengemasan,” jelasnya.

Kasubid Hubalila BKKBN Jawa Tengah Nasri dalam ramah tamah dan evaluasi menggambarkan Supardi memiliki sikap visioner dalam menciptakan KKB Guyub Rukun.

“Pak Supardi ini memiliki sikap visioner dalam menciptakan KKB Guyub Rukun ke depan yang sesuai dengan visi, misi desa dengan KKB,” beber Nasri.

Sedangkan Jabar selaku Tim Fasilitator KKB Provinsi Jateng Jabar memotivasi fasilitator dan Pokja untuk aktif dalam Rencana Kegiatan Masyarakat (RKM), dan untuk ditingkatkan lagi peran fasilitator serta Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan poktan-poktan dalam mensukseskan RKM di Kampung KB Guyub Rukun Desa Brumbung.

Dalam closing monev disimpulkan bahwa KKB Guyub Rukun dari 5 monev yang dikunjungi, bahwa Kabupaten Blora sangat baik dan ada progres yang signifikan. Dan untuk kedepannya perlu ditingkatkan lagi peran dari Kepala Desa dan dituangkan dalam RKM KKB, partisipasi aktif seluruh elemen dan masyarakat, peran PLKB dan OPD dalam pengembangan KKB Desa Brumbung kedepan. Dan dibulan Februari 2019 mendatang BKKBN Provinsi Jawa Tengah mengagendakan 1 duta sebagai percontohan KKB, ditiap Kabupaten 1 KKB. Dan Desa Brumbung, Kecamatan Jepon layak menjadi duta percontohan KKB di Kabupaten Blora.

 

Laporan : INDES JATENG/ ADIRIN

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra

1 comentar

cah brumbung 30/01/2019 - 21:42

semoga blora semakin maju dalam segal hal.

Add Comment