Senyum Tani, Pertanian Berbabis Ekologi

BOGOR, INFODESAKU – Kabupaten Bogor memiliki wilayah cukup luas dengan 40 Kecamatan dan 435 Desa. Banyak potensi Desa, maupun Inovasi yang bisa digali dan dikembangkan oleh Pemerintah Desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Rabu (30/01/2019)

Berbagai macam inovasi Desa mulai dari sektor pariwisata, industri, pertanian. Bagaimana Desa bisa mengembangkan serta mempromosikan inovasi tersebut.

” Desa Cihideung Udik Kecamatan Ciampea salah satunya yang menciptakan inovasi di sektor pertanian dan perikanan dengan sistim ekologi yang di gagas oleh ” Senyum Tani “melalui pendekatan menyeluruh pada pertanian dan pengembangan sistem pangan yang berbasis pada pengetahuan tradisional, pertanian alternatif, dan pengalaman sistem pangan lokal, kesehatan lingkungan, kelestarian pangan di masyarakat.

Penggagas Petani Senyum Tani M. Prayoga Sunandar, mengatakan, pertananian berbasis Ekologis yang menghubungkan pertanian, perikanan dan pengembangan obat herbal, untuk mensejahterakan para petani. Hal ini sinergis dengan program “One Village One Company” (satu Desa satu perusahaan) dengan begitu Desa mendapatkan PAD yang nantinya untuk pengembangan infrastuktur, potensi Desa agar menjadi Desa mandiri

Petani senyum tani Sanim 46 tahun, menyampikan, menjadi solusi bagi penduduk di negara agraris untuk mengenali sumber daya alam yang ada di tingkat lokal, seperti bahan baku pembuatan pupuk alami untuk menghidupkan kembali tanah dan benih lokal yang sudah teruji adaptif. Kegiatan ini harus didukung oleh pengembangan teknologi tepat guna dan ramah lingkungan.” Ungkapnya.

 

Laporan : Yudi / IES

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau