Lomba Desa Semanak Tingkat Kabupaten Wakili Kecamatan Bakauheni

BAKAUHENI, INFODESAKU – Desa Semanak Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mewakili desa di seluruh Kecamatan Bakauheni dalam kegiatan Lomba desa tingkat Kabupaten. Selasa (12/2).

Lomba desa Semanak dipusatkan di balai desa Semanak serta di hadiri tim penilai Kabupaten Lampung Selatan yang di pimpin oleh, Nasron.S,sos Kabid Kelembagaan sosial dan masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lamsel Zaidan,SE, Camat beserta seluruh KUPT se-Kecamatan Bakauheni.

Hayubi Kades Semanak dalam sambutannya mengatakan dengan adanya lomba desa, Pemdes Semanak mendapatkan pelajaran yang berguna untuk seluruh aparatur nya dan juga seluruh kelembagaan yang berada di Pemdes Semanak, Iapun berharap kepada Pemerintah Kecamatan agar selalu membimbing dan membina desanya.

“Alhamdulillah tahun ini desa kami terpilih dalam lomba desa, dengan adanya lomba desa ini, kita mendapatkan ilmunya dari lomba desa, saya berharap kepada pak Camat agar selalu bimbing dan membina kami disini agar desa ini menjadi desa yang lebih maju,” Katanya.

Sambutan berikutnya, Zaidan Camat Bakauheni menceritakan sejarah Desa Semanak kepada tim penilai lomba desa dan iapun menyerahkan sepenuhnya penilaian tersebut kepada tim penilai.

“Sejarah singkatnya desa ini dahulu desa ini masuk di kecamatan Penengahan dan setelah di pecah sekarang menjadi Kecamatan Bakauheni, dan dalam lomba desa ini silahkan tim penilai untuk menilai desa ini layak atau tidaknya menjadi juara ada ditangan tim penilai,” Ujarnya

Kemudian Nasron Sekertaris tim penilai mewakili ketua menjelaskan penilaian lomba desa bukan hal baru dengan lomba Desa adalah evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang cepat berkembang yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Dalam lomba desa ini mengacu kepada Permendes no 81 tahun 2015 yaitu evaluasi desa ntuk mendapatkan hasil evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, diperlukan instrumen sebagai alat ukur perkembangan desa,” Jelasnya.

Laporan : Safarudin/epf

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional