Wisata Alam Air Terjun Curug Lawang Mulai di Benahi

SERANG, INFODESAKU – Sebelum terjadi bencana bencana banjir atau air bah. Curug Lawang merupakan salah satu tempat wisata alam favorit bagi masrakat Desa Cikolelet dan sekitarnya. Curug Lawang terletak di Kampung Cisirih Rt 01 Rw 02 Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka kabupaten Serang Banten. Jumat (15/2/2019)

Curug Lawang bisa ditempuh dengan cara berjalan kaki atau dengan sepeda motor. Dengan berjalan kaki bisa ditempuh 30 menit sampai 40 menit. Sedangkan menggunakan sepeda motor bisa ditempuh 10 sampai 15. Untuk saat ini sepeda motor tidak diharuskan dibawa sampai kelokasi di karenakan jalannya masih terjal.

Pada tahun 2016 lalu, wilayah aliran sungai Cisirih terkena banjir yang menyebabkan kerusakan pada lokasi air terjun curug lawang. tidak hanya air terjun curug lawang terkena dampak banjir, bahkan menyebakan kerugian kepada masrakat di wilayah aliran sungai tersebut.

Kerugian pasca banjir yang di alami masyarkat akibat banjir rusaknya lahan pertanian sawah, hilangnya hewan ternak dan menyebabkan tergenangnya air di muara sirih dDesa Kamasan.

Wanda ketua Kompac komunitas pecinta alam mengatakan, pernah dilakukan perbaikan dengan cara bergotong royong. Kemarin pertama mulai perbaikan di fokuskan di titik kolam air terjunnya dulu, karna sekitar area kolam tersebut sudah dangkal. Penyebabnya bayak lumpur, batu dan kayu yang menimbun kolam air terjun. Dan sekarang kolam sudah beres di kerjakan walaupun belum seratus persen, tapi pengujung yang datang ke curug lawang sudah bisa di nikmati,” bebernya

Lanjut dirinya, mulai pelan – pelan memperbaiki wisata air terjun ini, karena komunitas pecinta alam atau kompac dan masyarakat secara swadaya memperbaiki wisata air terjun,” singkat wanda.

Dirinya, berharap Dinas atau Pemeritah terkait memperhatikan upaya masyarakat dalam membangun tempat – tempat wisata diwilayahnya. Dan ia mengharapkan kepada pihak terkait untuk memperhatikan keinginan masyarakat dan membantu, karena ini akan berdampak positif bagi masyarakat di wilayah itu khususnya.” Ungkapnya

Laporan : Wanda

Related posts

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Tanah Jampea di Kepulauan Selayar Pulau Bergelimang Potensi Yang Tak ‘Terjamah’

Kopi Dukuh Tumbuh di Silayung Park Cibatu