Jadikan PHBS Untuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Kota Cimahi

CIMAHI, INFODESAKU – Walikota Cimahi Ajay M Priatna meninjau langsung RW 12 Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara guna mewakili perlombaan PHBS Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Minggu (21/04/2019).

Dalam kunjungannya Ajay mengatakan, kunjungan ini tidak lain untuk mengontrol wilayah yang mudah mudahan menjadi inspirasi Wilayah lain di Kota Cimahi yang salah satunya RW 12 yang jika dilihat kondisinya sudah siap untuk hidup bersih dan sehat, ini dibuktikan dengan penataannya yang rapih dan bisa memanfaatkan lahan dengan tepat, seperti tembok bergambar yang di jadikan tempat tanaman.

“Mudah-mudahan prilaku hidup bersih dan sehat ini tidak semata akan menghadapi penilaian perlombaan saja ditingkat pusat, pada tanggal 29 April mendatang, namun harus menjadi prilaku yang bisa diterapkan dimasyarakat seutuhnya,” tuturnya.

Ajay menambahkan, ini program jangka pendek yang harus tetap dilaksanakan sampa masuk ke ranah penilaian PHBS.

“Jadi tetap harus bersama menjaga prilaku hidup sehat ini seterusnya untuk jangka panjang dengan budaya hidup sehat dan bersih,” tambahnya.

Ditempat yang sama Camat Cimahi Utara Dani Bastian, mengatakan, jika persiapan RW 12 Kelurahan Cibabat untuk mewakili perlombaan PHBS tingkat Nasional sudah pasti akan didampingi terus untuk persiapannya.

“Terlebih dengan perlombaan kali ini sedikit demi sedikit agar bisa merubah menjadi prilaku budaya, paling tidak masyarakat bisa merubah prilakunya untuk hidup sehat dan bersih, dengan harapan untuk menang,” ucapnya.

Disaat yang sama Lurah Cibabat Sodikin menambahkan, Masyarakat Cibabat harus bisa merubah untuk hidup sehat. Dan harus dijadikan budaya dalam kesehariannya, Karena jika sudah sakit tentu biaya berobat jauh lebih mahal biayanya,

“Program berbudaya bukan berarti hanya berkesenian saja, namun banyak yang harus dilakukan. Kita doakan agar Rw 12 menjadi pemenang PHBS tingkat Nasional. Dan yang terpenting adalah perubahan pola hidup untuk Sehat dimasyarakat, itu jauh lebih penting,” pungkas Sodikin.

Laporan : Hermawan

Related posts

Luar Biasa! Desa Cilebut Barat Kedatangan Tim Penilai Lomba Desa Sadar Hukum

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional