Tingkatkan Kemampuan Siskeudes, Seluruh Desa di Limbangan Gelar Pelatihan, Arif Rumdana : Apresiasi Terobosan Baru Ini

poto : kegiatan pelatihan siskeudes 2019 seluruh desa se-kecamatan BL. Limbangan

GARUT, INFODESAKU- Kondisi lapar dan dahaga tidak menyurutkan semangat para peserta pelatihan siskeudes yang diprakarsai oleh paguyuban Sekretaris Desa Kecamatan, Balubur Limbangan  (Sabadesa) yang bertempat di GTC dan Aula Desa Cigagade. Selasa, (28/5)

Acara pelatihan siskeudes dibuka oleh Sekretaris Dinas Pemerintah Masyarakat Desa (DPMD), Asep Jaelani, sebelum membuka acara, Asep Jaelani menekankan jangan sampai mengerjakan sesuatu diluar APBDesa.

“Ingat jangan sampai mengerjakan pekerjaan yang tidak tercantum didalam APBEDesa,” tegasnya.

poto : peserta pelatihan siskeudes

Ketua Panitia Asep Muhidin dalam sambutannya menjelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan staf desa dalam tata kelola keuangan desa, dimana untuk tahun anggaran 2019 mulai menggunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

“Selain itu untuk mempererat tali silaturahmi antar staf desa se-Kecamatan Limbangan,” jelasnya.

Masih ditempat yang sama, Ketua Saba Desa, Hermanto mengungkapkan penyelenggaraan pelatihan ini sudah tertuang di APBDesa tahun 2019 dan kami melalui musyawarah Saba Desa sepakat  penyelengarannya digabung untuk mengepektivkan waktu serta memperkuat tali silaturahmi antar staf desa.

“Output dari pelatihan ini peserta mengerti dan paham akan siskeudes dan siap bekerja sesuai tupoksinya,” ungkapnya.

Sementara menurut Tata Yusup  peserta dari Desa Neglasari mengatakan bahwa pelatihan ini sangat berguna dan bermamfaat karena sikeudes ini satu kewjiban yang harus dikuasai oleh staf desa khususnya para Sekdes.

“Puasa menjadi penyemangat bagi Kami untuk fokus belajar, lapar dan dahaha bukan penghalang kami untuk tidak mengerti,” tegasnya.

poto : Camat Limbangan (arif Rumdana) bersama Sekertaris DPMD Garut (Asep Jaelani) dalam membuka acara pelatihan siskeudes 2019

Perlu diketahui, pelatihan tersebut dilaksanakan dengan metode sederhana, dimana para peserta bersila dengan alas karpet, pelatihan diakhiri buka bersama dengan menu es cingcau traditional dan nasi kotak. Selain itu, jumlah peserta yang mengikuti bimtek Siskeudes sebanyak 26 orang yang merupakan utusan dari 13 Desa. Pelatihan tersebut merupakan realisasi dari anggaran dana desa tahun 2019.

Camat Limbangan Drs. Arif Rumdana mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan Siskeudes dengan sistem kebersamaan ini.

“Pelatihan ini sangat bagus, karena bisa terlihat pelaksanaan dari kegiatan yang sudah dicanangkan dan dianggarkan dalam APBdesa, dan ini merupakan terobosan baru agar lebih transfaran serta lebih mendekatkan tali silaturahmi antar perangkat desa,” tegas Arif.

Dalam pelatihan tersebut, turut hadir pula dalam Panit Binmas Polsek Limbangan.

 

Laporan : Tim Indes

Related posts

Publikasi Kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Iwan Setiawan Akan Bangun Akses Jalan Kawasan Wisata Lebih Baik, Untuk Mendorong Babakan Madang Sebagai Wilayah Destinasi Wisata