Pemkab Bogor Gelar Sosialisasi Pilkades Serentak

BOGOR, INFODESAKU – Bertempat digedung Tegar Beriman, Sekertaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, buka sosialisasi bagi ketua BPD, Kepala Desa dan unsur Kecamatan tentang persiapan pemilihan Kepala Diesa serentak gelombang III tingkat Kabupaten Bogor tahun 2019, Kamis (25/07)

Dalam sambutan, Sekda mengatakan, sosialisasi persiapan pemilihan kepala desa serentak bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang juklak dan juknis kepada Pemerintah Desa yang akan mengadakan pilkades serentak ditahun 2019.

“Bulan november mendatang akan diadakan pilkades serentak sebanyak 273 desa, untuk itu perlu sosialisasi tentang tatacara pelaksanaannya, akan kita samakan persepsi juklak dan juknisnya,” ujar Burhanudin.

Menurutnya, sosialisasi perlu dilakukan mengingat banyaknya desa yang secara serentak melaksanakan pilkades juga banyaknya BPD baru yang belum paham tentang tatacara pemilihan pilkades.

“Sosialisasi perlu dilaksanakan karena banyak desa yang memiliki BPD baru, dimana BPD sebagai lembaga yang membentuk panitia pilkades tingkat desa, untuk itu tatacara pelaksanaan pilkades harus dikuasai oleh BPD,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Deni Ardiana menjelaskan secara teknis tentang tatacara pemilihan kepala desa.

“Pada kesempatan ini, kami dari DPMD menjelaskan tentang petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis persiapan pilkades serentak, akan kami jelaskan hanya beberapa tahapan yang harus dilaksanakan, selanjutnya akan kita berikan lebih rinci dalam bentuk flashdis setelah selesai acara ini,” jelas Kepala Dinas DPMD.

Deni berharap, agar nanti saat pelaksanaan pilkades serentak, panitia pilkades menjalankan peran serta fungsinya sesuai dengan ketentuan dan aturan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Semoga panitia pilkades nanti akan menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai dengan tahapan serta aturan yang sudah ditentukan oleh pemerintah agar pelaksanaan pilkades serentak berjalan sukses.” pungkasnya.

Laporan : AJH

Related posts

Pukesmas Girijaya Terus Berinovasi Tingkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Masyarakat

Pemdes Cimandala Sosialisasikan Program Samisade

Babinsa Cimandala Lakukan Komsos Secara Rutin