Pelatihan Penguatan Dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Keamanan Dan Ketertiban Desa Nangka

KUNINGAN, INFODESAKU – Dalam rangka meningkatkan kapasitas  anggota Linmas, Pemerintah Desa Nangka Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan mengadakan pelatihan.Kegiatan digelar pada Jumat (09/09/2019).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat,linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Salah satu tugas pokok dan fungsi linmas saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa ditengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Pjs Kepala Desa Nangka, Agustinus Anda Karda dalam sambutannya mengatakan bahwa indikator suksesnya pelatihan linmas adalah : meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatnya kesiap-siagaan satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

“Ada lima indikator suksesnya pelatihan linmas, untuk itu sangat penting bagi peserta pelatihan memperhatikan lima point yang diajarkan dalam pelatihan ini,” ujar Pjs Kepala Desa Nangka.

Narasumber lain yang ikut memberikan materi adalah Aiptu Asep Maman Suherman anggota Bhabinkamtibmas Polsek Kadugede, dan Serda Vikaris, Kopda Nainggolan anggota Babinsa koramil 1502 Kadugede. Sinergitas antar pemateri membuat suasana pelatihan lebih kreatif dan interaktif.

Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan latihan Baris Berbaris bagi anggota linmas gelar yang dipandu dari Polsek dan Koramil Kadugede.

Laporan : BUDI/AJH

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove