Aneka Macama Kesenian Khas Madura Ramaikan Pawai Karnaval HUT RI ke-74 di Pamekasan

PAMEKASAN, INFODESAKU – Puluhan ribu masyarakat memadati beberapa ruas jalan di Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Mereka begitu antusias menyaksikan pawai karnaval dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik ((RI) yang ke-74

Berdasarkan pantauan Wartawan Infodesaku dilokasi para pengunjung mulai memadati lokasi sejak pukul 07. 00 Wib, padahal acara baru akan dimulai pada pukul 08.30 wib, namun kerumunan massa membakar suasana semakin meriah

Karnaval diikuti peserta dari desa, instansi, seni budaya dan Marching band. Dan tak mau ketinggalan Forkompika juga lembaga pemerintah yang ada di kecamatan Pakong ikut turun ke jalan memamerkan seni Budaya khas Madura.

Antusiasnya masyarakat yang menonton hingga merangsek ke tengah-tengah jalan membuat jalur khusus bagi peserta karnaval jadi tersendat. Namun demikian, karnaval yang berakhir Jam 12.30 Wib berjalan meriah, aman dan lancar.

Rifki selaku Ketua Pelaksana karnaval mengatakan, para peserta dan masyarakat sangat antusias mengikuti dan menyaksikan karnaval hingga acara berakhir. Bahkan, ia memperkirakan, jumlah massa yang hadir mencapai Puluhan Ribu.

“Sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan kepala desa, instansi pemerintahan serta komunitas seni dan budaya supaya bisa ikut serta memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini. Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias menyaksikan acara sampai berakhir,” ucap Rifki yang juga merupakan pegawai di kecamatan Pakong.(19/08/2019)

Dengan terselenggaranya karnaval yang sangat meriah ini, ia menyatakan, ke depannya kecamatan Pakong harus menjadi daerah percontohan dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan.

“Saya ingin Pakong jadi kecamatan percontohan. Maka harus ada partisipasi antara pengusaha, tokoh masyarakat dan para pemudanya. Agar daerah ini semakin maju,” jelasnya.

Sementara itu H Andi Hidyanti selaku sekretaris pelaksana menambahkan, “Acara terlaksana atas kerja sama Forkompika, instansi dan partisipasi Kepala Desa sekecamatan Pakong,” tutupnya

Laporan : Agus Panji/Abd Chalik Ibn As

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau