Semangat Gotong Royong Masih Menjadi Tradisi Turun Temurun di Madura

PAMEKASAN, INFODESAKU – Semangat gotong royong masih kental terasa di Desa Palengaan Daya, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura Jawa Timur. Hal ini tampak terlihat saat masyarakat rela bahu membahu merajang tembakau saat musim panen tiba. Rabu (21/08/2019) Sore

Asnito selaku pemilik tembakau, mengatakan sistem gotong royong pada masa panen sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Masyarakat selalu bahu membahu membantu memanen atau mengolah hasil panen, seperti merajang atau mengiris tembakau di rumah warga yang sedang panen.

Ia menuturkan Warga yang turut serta merajang tembakau tidak mendapatkan imbalan dari pemilik rumah. Namun, pemilik rumah juga memiliki kewajiban membantu warga lain yang sedang merajang tembakau di kemudian hari. Semangat gotong royong ini muncul atas kesadaran masyarakat dan tanpa paksaan.

“Tradisi ini sudah ada sejak lama, sejak saya masih kecil. Ini kesadaran masyarakat. Tanpa diperintah, asal tahu ada yang sedang panen pasti semua warga datang untuk membantu,” ujar asnito.

Lebih lanjut, Bukan hanya soal panen dan merajang tembakau masyarakat Palengaan juga kerap menunjukkan kepedulian kepada tetangga lewat kegiatan sosial.

“Masyarakat biasa bahu membahu membantu salah satu warga yang sedang membangun atau membongkar rumah, demikian pula saat ada lahiran dan orang sakit,”pungkasnya

Laporan : Abd Chalik/Khoirul

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau