PIbit Unbaja Mengadakan Pelatihan SDM Keparaiwisataan Bagi Pokdarwis

SERANG, INFODESAKU – PIBiT (Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi) Universitas Banten Jaya (UNBAJA) mengadakan pelatihan Dasar SDM Kepariwsataan di Kampung Sukadiri Kecamatan Kasemen kota Serang, acara diikuti 20 peserta dari Pokdarwis Maulana Yusuf dan Pengelola Kampung Wisata Sukadiri, materi yang disampaikan mengenai Hospitality, Homestay, Kewirausahaan dan pemandu wisata. Pada Kamis (05/09/2019).

Acara tersebut dihadiri dan dibuka oleh Disparpora kota Serang, yang diwakili bidang Destinasi, Toto Suharto, dalam sambutannya ia mengatakan, kami sangat terbantu dengan peran Perguruan Tinggi dalam pendampingan masyarakat, hal ini guna memberikan wawasan pengetahuan sekaligus keahlian dalam bidang kepariwisataan.

“Bahwa tahun 2020, Sukadiri menjadi kampung wisata ke 5 setelah Kampung kreatif Walantaka,” ujarnya.

Ketua PIBiT sekaligus Kaprodi Program Studi Kewirausahaan, Sukarta Atmadja mengajak kepada peserta agar menambah wawasan dan menggali potensi kampung yang kedepannya di jadikan daya tarik wisata.

“Saya mengajak para peserta untuk menjadikan potensi sebagai kampung wisata yang dapat menjadikan daya tarik agar wisatawan tidak hanya berkunjung sehari saja untuk berziarah namun bisa tinggal di kampung Sukadiri dengan menikmati atraksi-atraksi wisata lainnya,” ajaknya.

Ketua Pokdarwis Maulana Yusuf, Amarsan menerangkan bahwa kegiatan pembinaan dan pendampingan dilaksanakan supaya para pengurus pokdarwis mulai dari pemandu, pengelola homestay memiliki bekal yang memadai jika suatu saat kedatangan pengunjung.

“Saya mengharapkan dari kegiatan ini akan ada keberlanjutan dan megharapkan kampung disekitar kawasan Kesultanan Banten ini semaksimal mungkin mampu memfasilitasi datangnya pengunjung baik itu pengunjung dari nusantara ataupun mancanegara, kampung wisata juga diharapkan selalu siap dari segala aspek mulai dari makanan, event dan aspek lainnya.” pungkasnya.

Laporan : RF/EPF

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra