Gubernur Jatim Hadiri Puncak Peringatan Haornas ke 36 Tahun 2019

PAMEKASAN, INFODESAKU– gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri puncak peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke 36 tahun 2019 Provinsi Jawa Timur yang dipusatkan di lapangan Pendopo Ronggosukowati Kabupaten Pamekasan. Senin (16/09/2019) kemarin.

Dalam kesempatan itu Gubernur Jatim Khofifah menerangkan peringatan Haornas ke 36 tahun 2019 ini mengusung tema “Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja.” Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Hal ini penting dipahami agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.

“Pembangunan di dalam olahraga tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani, berarti kita telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang revolusi mental, serta SDM unggul untuk menuju Indonesia maju,” ucapnya.

Ia menambahkan, pembinaan atlet muda berbakat yang tepat telah dibuktikan pada ASEAN School Games 2019 di Semarang. Indonesia tidak hanya sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseleruhan Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak dan 25 perunggu.

“Pada Asian Games dan Asian Para Games 2018, Indonesia mendapat kado yang istimewa dari para atlet nasional. Indonesia pada peringkat keempat pada ajang Asian Games 2018 dengan memperoleh 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Dan yang lebih membanggakan, atlet disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru bagi Indonesia, dengan menduduki peringkat kelima di ajang Asian Para Games 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 emas, 47 perak dan 51 perunggu,” ungkapnya

Lebih lanjut, semua ini pertanda bahwa Indonesia telah menata pondasi olahraga prestasi yang cukup kuat, dimulai dari usia dini, atlet unggulan dan atlet disabilitas. Bahkan mulai tahun ini telah menyiapkan atlet-atlet yang akan bertanding dalam Olimpiade dan Paralimpiade 2020 di Tokyo.

“Semoga kedepan semua warga negara Indonesia dapat mencintai olahraga dan memposisikan olahraga sebagai pilihan dan gaya hidup sehat dan bugar,”harapnya

Sementara itu, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Pamekasan berterima kasih kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang telah memilih Pamekasan sebagai pusat puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 36 tahun 2019 Provinsi Jawa Timur.

“Saya berharap dengan adanya momentum ini semakin menambah motivasi untuk selalu menjaga dan meningkatkan kesehatan melalui olahraga,” ungkapnya.

Selain itu, Baddrut mengutarakan mengenai prestasi olahraga di Kabupaten Pamekasan. Dimana pada Porprov Jatim tahun ini, kontingen Pamekasan menduduki peringkat ke 14. Baddrut menambahkan, kalau peningkatan kehidupan olahraga menjadi bagian penting dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pamekasan tahun 2018-2023.

Laporan : Khoirul Umam

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa