Bau Menyan Digunung Sanghiang, Badawang DIbangunkan Bupati Garut

poto : Bupati Garut, Rudy Gunawan saat menghampiri Badawang Pasirwaru di Gunung Sanghiang

GARUT, INFODESAKU – Kemah budaya yang diselenggarakan di gunung Sanghiang Desa Ciwangi Kecamatan BL. Limbangan, Garut dimeriahkan dengan hadirnya wayang raksasa atau sering disebut Badawang dari Desa Pasirwaru.

Bupati Garut, Rudy Gunawan menyebutkan, penampilan Badawang Pasirwaru ini lain daripada yang lain, dimana selain merupakan kesenian dan budaya turun temurun, juga ada magnet tersendiri.

“Badawang Pasirwaru ini kesenian dan budaya bukan tingkat kecamatan, melainkan sudah tingkat kabupaten serta. Bahkan lain daripada yang lain” ujar Rudy dilokasi kemah budaya gunung Sanghing, Kamis (19/9/19).

Rudy berjanji, tahun depan, kesenian Badawang Pasirwaru ini harus ditingkatkan dan Pemda Garut akan membantunya.

“Budaya Badawang Pasirwaru ini harus ditingkatkan, sekarang mungkin hanya dua yang ada disini, nanti harus ada empat Bagawangnya,” ucap Bupati Garut, Kamis (19/9/19).

Camat Limbangan, Arif Rumdana mengapresiasi kepada Desa Pasirwaru, dimana hanya Desa Pasirwaru yang membuat stand tenda dan juga menampilkan kesenian badawangnya serta makanan khas.

“Luar biasa, hebat untuk Desa Pasirwaru yang sudah berpartisipasi, terlebih dengan membawa Badawang untuk ditampilkan didepan para sesepuh budayawan yang hadir dan didepan pak Bupati,” kata Arif singkat sambal mencicipi minuman wedang khas Desa Pasirwaru di saung badawang. (Apdar)

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau