Harmonisasi Musik Tradisional Selaawi Dengan Senandung Religi

GARUT, INFODESAKU – Ratusan warga Kecamatan Selaawi memenuhi Alun-alun guna menyaksikan pagelaran budaya dengan mengusung tema ” Silaturahmi Budaya” yang menampilkan berbagai seni baik itu moderen maupun tradisional serta lantunan Sholawat, acara tersebut melibatkan ratusan santri dari Pondok Pesantern yang ada dikecamatan tersebut yang diprakarsai oleh pemerintah kecamatan dan MWC Nahdatul Ulama Selaawi. Minggu, (03/11).

Camat Selaawi Ridwan Efendi, S. STP, M. Si menjelaskan acara ini merupakan ajang silaturahmi para pegiat budaya khususnya seniman dan budayawan nahdiyin yang menampilkan seni dan budaya religi seperti Marawis, Hadroh, Karnaval Seribu Obor, Sholawatan dan kolaborasi Hadroh dengan Celentung.

“Silaturahmi ini untuk mengentalkan budaya Nusantara termasuk kebudayaan Islami sekaligus mengangkat citra religius Kecamatan Selaawi,” jelasnya.

Camat juga berharap dengan acara Silaturahmi Budaya ini bisa memberikan suasana yang harmonis, humanis dan kesejukan terhadap masyarakat khususnya warga ditiga desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak 5 November nanti.

“Semoga dengan acara ini bisa menciptakan suasana yang harmonis, humanis dan menyejukan,” pungkasnya.

Adapun tiga desa yang melaksanakan Pilkades itu Desa Cigawir, Desa Putra Jawa dan Desa Selaawi.

Muhammad Ikhsan salah seorang santri mengungkapkan acara ini sangatlah positif karena kami bisa bersilaturahmi dengan para santri lainnya sekaligus bisa berbagi wawasan mengenai pengembangan seni dan budaya Islam sebagai salah satu sarana untuk berdakwah.

“Malam ini kita bisa menyaksikan harmonisasi musik tradisional dengan senandung religi seperti penampilan grup Hadroh yang berkolaborasi dengan Sanggar Musik Celentung yang mengiringi lantunan Sholawat,” ungkapnya.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional