Destinasi Wisata Kampong Toron Semalam, Destinasi Wisata Baru di Pamekasan

PAMEKASAN, INFODESAKU – Musim liburan dan tahun Baru 2020 waktunya, untuk liburan tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, karena di kabupaten Pamekasan ada destinasi wisata baru yaitu Kampoeng Toron Samalem yang berada di desa Blumbungan, kecamatan Larangan kabupaten Pamekasan, Sabtu (28/12/2019).

Wisata Toron Samalem saat ini mulai tersiar di selentingan penduduk ke penduduk lain hingga menyebar ke masyarakat lokal di kecamatan Larangan.

Wisata Toron Samalem diberi nama seperti itu karena terletak di kampung Toron Samalem. Kampoeng Toron Samalem memiliki destinasi wisata seperti itu, berawal dari bekas penggalian batu bata ukuran besar. Tangan kreatif dari pemilik destinasi wisata Pamekasan ini, merubah keadaan yang dulu kaku menjadi pemandangan ala Eropa.

Destinasi wisata Toron Samalem sudah banyak dikenal tidak hanya di kota Pamekasan, tetapi juga di luar kota Pamekasan, seperti Sampang dan Sumenep.

Wisata Toron Samalem banyak dikunjungi oleh muda-mudi yang ingin menikmati suasana berbeda. Kaum millenial lebih tertarik pada wisata berbasis kampong, dan Toron Samalem termasuk salah satunya yang berada di daerah pemukiman atau perkampungan. Ditempat itu juga tersedia area fotografer yang cukup bagus, terutama untuk di upload di Facebook dan Instagram able.

Lokasi wisata Toron Samalem terletak di bagian Utara kota Pamekasan, tepatnya di desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Area tempuh yang dibutuhkan kira-kira 30 sampai 40 menit.
Dengan kejauhan berkisar kurang lebih 7 sampai 8 kilometer.

“Saat kami temui seorang penjaga tiket dipintu keluar, sebut saja Rosi, ia menuturkan. Bahwa harga tiket mulai dari anak kecil hingga dewasa tetap sepuluh ribu. Sementara untuk jasa parkir sebelum masuk ke lokasi di bandrol dengan 3 ribu. Kemudian untuk penjual minuman dan makanan berada di luar area, berjejer dipinggir jalan sebelum masuk ke lokasi,” jelasnya.

Disekitar area wisata sudah ada penambahan sesi bangunan baru guna menunjang wisatawan untuk tertarik mengunjungi lokasi destinasi wisata di wilayah Pamekasan.

“Destinasi wisata Toron Samalem menyediakan kolam untuk anak di bawah umur, juga menyediakan tempat berteduh, Mosolla, cafe dan lain-lain.” paparnya.

Laporan : Chalik/Rusman

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau