Desa Sukaraja Tuntaskan Program Kerja 2019

BOGOR, INFODESAKU – Desa Sukaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor diakhir tahun 2019 tuntaskan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan diwilayah desa sukaraja, serapan anggaran yang bersumber dari Dana Desa, BHPRD, Banprov serta sumber dana lainnya telah direalisasikan penggunaannya sesuai dengan RAPBDesa tahun anggaran 2019. Ada 11 titik pembangunan bersumber dari anggaran BHPRD sebesar Rp.89.910.000,- terdiri dari pembangunan betonisasi jalan desa, jalan lingkungan, pembuatan drainase, tembok penahan tebing, pembangunan kantor desa, poskamdes yang semuanya direalisasikan dalam 4 tahap pencarian anggaran. Sementara sumber dana dari DD diserap untuk pembangunan jalan lingkungan dan drainase sebanyak 21 titik sebesar Rp.884.358.000 sama halnya dengan sumber dana lainnya direalisasikan dalam 3 tahapan pencairan.

Untuk serapan anggaran pemberdayaan masyarakat, desa sukaraja mengalokasikan anggaran sebesar Rp.197.240.000,- melalui anggaran BHPRD yang digunakan untuk kapasitas kepala desa, pengajian rutin bulanan desa, santunan anak yatim dan jompo, honorarium guru ngaji, serta tambahan honorarium guru ngaji, keseluruhan serapan anggaran sudah direalisasikan setelah pencairan anggaran.

Dengan telah terealisasinya berbagai program kerja yang telah dirancang dan dianggarkan dalam APBDesa tentunya berdampak terhadap pembangunan infrastruktur yang lebih baik lagi, mendongkrak perekonomian masyarakat desa serta meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat terpenuhi.

Tata kelola desa yang baik memcerminkan kesungguhan Pemerintah Desa dalam membangun, mengelola dan dapat bersinergi bersama masyarakat desa sebagai bentuk implementasi dari good goverment dalam rangka mensejahterakan masyarakat desa.

Peran serta masyarakat desa juga sangat berpengaruh terhadap pembangunan desa, swadaya masyarakat baik berupa tenaga, pemikiran serta finansial wajib dibudayakan dalam kehidupan bermasyarakat, dampak yang ditimbulkan dari peran serta masyarakat dalam membangun desa sangatlah baik, masyarakat dididik agar dapat menjaga serta merawat apa yang telah mereka bangun bersama dengan pemerintah, menghargai kerja keras mereka dalam membangun desanya.

Pembangunan infrastruktur di Desa Sukaraja dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kerja ( TPK ) dan masyarakat desa dikerjakan secara swakelola yang diawasi juga oleh Badan Permusyawaratan Desa(BPD) setempat, ini bertujuan supaya pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan sesuai RAB, agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya.

Suksesnya realisasi pembangunan infrastruktur serta pemberdayaan desa Sukaraja ditahun 2019 tidak terlepas pula dari kepemimpinan seorang kepala desa serta perangkatnya, management pengelolaan desa, kerjasama serta team work yang bersinergi akan mewujudkan keberhasilan dalam mencapai target. Walaupun desa Sukaraja di th 2019 dibawah pimpinan Pejabat Sementara Kades, Desa Sukaraja merupakan salah satu desa di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor yang berhasil dalam pembangunan infrastruktur desa.

Pjs.Kepala Desa Sukaraja, Mohamad Iskandar sukses menghantarkan Desa Sukaraja menjadi desa yang lebih maju dan berkeadaban sesuai dengan yang canangkan Bupati Bogor melalui salah satu program Panca Karsanya.

 

Laporan : AJH

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau