Kelompok Tani Babakan Desa Mekar Jaya Bersama Danramil Tanam Padi System Legowo

TANGERANG, INFODESAKU – Kelompok Tani Babakan, Desa Mekar Jaya Kecamatan Panongan Kabupaten Tangerang bersama Danramil 14 Panongan Kapten Inf Budi Nuryanto beserta Bhabinsa Komarudin, Kades dan Penyuluh pertanian lapangan beserta Romo Felix Supranto, SS.CC, melakukan penansman padi perdana di Pesawahan garapan kelompok tani Babakan. Selasa, (21/01) lalu.

Kepala desa dalam sambutwnnya menuturkan penanaman padi perdana merupakan sebagai langkah nyata menuju desa swasembada pangan, tempat acara penanaman padi perdana Luasnya sekitar 2000 meter persegi dengan total luas Lima hektar are.

” Penanaman Padi ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan desa swasembada pangan,” tuturnya.

Sedangkan Danramil Kapten Budi Nuryanto menyampaikan bahwa penanaman padi perdana ini adalah merupakan upaya mensejahterakan para petani agar bisa menghasilkan padi yang bermutu dan maksimal di Tahun 2020 bisa mencapai Delapan sampai dengan Sepuluh Ton.

” Penaman padi perdana ini merupakan upaya untuk mensejahtrakan petani dengan cara meningkatkan mutu padi yang lebih berkuwalitas,” tegasnya.

Bhabinsa terjun lansung dalam penyiapan lahan serta pengolahan lahan, pemilihan bibit unggul dan penyemaian untuk persiapan penanaman dan perawatan, panen serta pemasaran.

Kepala desa Komarudin, mengucapkan tasa terimakasihnya dengan dimulainya penanaman padi ini perdana ini dengan harapan penanaman padi ini berguna bagi masyarakat Panongan pada umumnya dan Masyarakat Desa Mekar Jaya pada khususnya.

” Semoga penanaman padi ini berguna bagi masyarakat Panongan pada umumnya dan Masyarakat Desa Mekar Jaya pada khususnya,” harapnya.

Selanjut Dini selaku Penyuluh pertanian lapangan, dalam acara tersebut juga mengungkapkan harapannya dengan penanaman padi sistem Legowo dapat menjadi percontohan bagi Masyarakt sekitarnya untuk meningkatkan produktivitas.

Lebih rinci Dini menjelaskan banyak nilai yang didapatkan dalam tanam padi, yakni:

1. Tanam padi dengan pola Tandur dilakukan dengan mundur. Artinya kita harus memiliki kerendahan hati untuk dapat maju.

2. Merunduk menanam Padi yakni dengan merunduk. Merunduk melambangkan kerja keras. Kerja keras adalah sarana untuk memperoleh kemajuan.

3. Meningkatkan iman. Tugas manusia adalah menyemai, menanam, dan menyiangi. Selebihnya diserahkan kepada Tuhan.

” Semoga petani kita lebih maju dan kecukupan, kita perlu beriman, kerendahan hati, dan kerja keras,” pungkasnya.

 

Laporan : MARWAN/ WIJI LASTINI

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove