Realisasi Demokrasi di Desa Cijolang Patut Ditiru

GARUT, INFODESAKU – Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum (Wikipedia) dari devinisi itu Panitia pemilihan Ketua RW.01 dan RT. 02 dan 03, Kampung Cijolang, Desa Cijolang, Kecamatan Balubur Limbangan memperaktekanya dengan menggelar Pemilihan Ketua RW dan RT secara langsung, umum, bebas dan rahasia di GOR desa. Rabu, (29/01).

Ketua Panitia Heri Darmawan menjelaskan pelaksanaan pemilihan ketua RW dan RT ini, selain masa bakti ketua terdahulu sudah habis, juga untuk memenuhi target pemerintah desa terkait penyegaran masa bakti ketua RW dan RT yang harus beres tanggal 31 Januari.

” Pemilihan ketua RW dan RT merupakan realisasi dari demokrasi sekaligus ajang edukasi terhadap warga, kuhusnya generasi milenial agar tidak menyalah artikan demokrasi,” jelasnya.

Heri juga mengungkapkan pelaksanan pemilihan secara langsung, umum, bebas dan rahasia ini berdasarkan keinginan warga yang disuarakan dalam musyawarah RW, dengan tujuan mengedukasi warga terutama kaum milenial, dimana setiap warga itu memiliki hak yang sama untuk memilih dan dipilh sehingga perbedaan tidak menjadi pemecah belah masyarakat.

” Dengan perbedan tesebut kita bisa bersikap dewasa, dengan perbedan kita jadi lebih semangat dan kuat dalam membangun dan memajukan daerah menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Heri pun menegaskan demokrasi itu bukan berarti bebas tampa aturan atau bertindak sesuka hati tampa memperhatikan etika dan norma agama, demokrasi itu kebabasan yang selalu berpegang kepada pedoman kehidupan baik itu aturan Agama maupun aturan Negara.

” Demokrasi itu kebebasan dalam menjalankan aturan Agama maupun Negara,” tegasnya.

 

Laporan : BHEGIN

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau