Pegiat Kopi Cakbrun Mendapat Angin Segar.

GARUT, INFODESAKU – Disela rehat tatkala telah selesai dalam menjalankan tugas sebagai team penilai lomba desa tingkat kabupaten yang di adakan di Kantor Kecamatan Cibatu Herna Sunarya Kasi Pemdes Kabupaten Garut disuguhi secangkir kopi Cakbrun. Jum’at (13/03) lalu.

Saat seduhan pertama Herna langsung bertanya, ini kopi jenis apa kok sangat nikmat sekali kepada Yogi sipembuat kopi, itu kaskara yang di buat dari kulit kopi jenis robusta ujar yogi kalem. Itu sedikit percakapan tentang kopi yang akhirnya pembicaanpun makin dalam, saat itu awak Infodesaku ikut hanyut dalam diskusi seputaran kopi.

Herna Sunarya selaku kasi Pemdes DPMD Kabupaten Garut menuturkan kepada Infodesaku, perihal perkembangan Kopi Cakbrun kepada Kadus 3 Yogi Nugraha yang juga selaku pemerhati lingkungan Durax Desa Cisitu insya allah kita akan bantu.

“Untuk perkembangan dalam hal proses yakni akan kita bantu dalam pengadaan mesin untuk pengolahan biji kopi agar hasilnya maksimal,” ujarnya.

Lebih lanjut, terkait kendala yang dialami selama ini oleh pegiat kopi cakbrun yang tak lain akses menuju perkebunan milik Carik Desa Cisitu di area Manuk Mandi seluas 13 hektar itu masih sangat menguras enerji bila akan menuju kelokasi karena medan yang sangat berat.

“Kita akan coba bantu untuk pemetaan dan berkordinasi dengan Pemdes Cisitu,” pungkasnya.

Laporan : RIYADI

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya