Kepala Desa Kutanagara Beri Kesejukan Ditengah Panasnya Covid-19

GARUT, INFODESAKU – Dalam pelaksanaan tanggap covid-19 yang mengacu pada regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah, supaya kegiatan diseluruh pelosok desa ada kesamaan langkah demi terwujudnya efektifitas pencegahan, penanganan dan antisipasi dampak yang ditimbulkan dari covid-19, hal itu disampaikan Kepala Desa Kutanagara, Kecamatan Malangbong di Ruang Kerjanya. Senin, (06/04).

Lebih lanjut Kepala desa. Umar Hamzah menuturkan Desa Kutanagara sendiri telah melakukan beberapa kegiatan penting dalam upaya pencegahan penularan dan penyebaran covid-19 diantaranya penyemprotan desinfektan sarana umum dan sosialisai serta edukasi mengenai covid-19 sesuai arahan dari Fokompincam dan berkoordinasi dengan Puskesmas Citeras.

“Alhamdulillah dibawah bimbingan Pak Camat, pak Kapolsek, Pak Danramil kita telah melakukan sosialisi petunjuk dasar penangulangan covid-19 kepada Masyarakat yang didampingi langsung Forkompincam,” tuturnya.

Umah Hamzah juga menjelaskan penyemprotan desinfektan tidak hanya disarana umum namun di lingkungan pemukiman dan rumah penduduk telah dilakukan secara terjadwal dan berkesinambungan, Masjid dan Madrasah kami bagikan alat semprot manual dan cairan desinfektan, termasuk bagi petugas penyemprotan sudah kami lengkapi dengan APD bahkan disebelas RW yang ada dindesa kami ada piket, setiap kerja piket di tiap RW targetnya mendata setiap orang yang datang dan pergi dari dan keluar daerah terutama daerah zona merah, piket juga sudah kami beri pengetahuan mengenai cara menskrining dan cara memberi pengarahan kepada para pendatang. Selain itu para petugas piket sudah kami beri pengetahuan mengenai apa itu ODP dan PDP serta istilah-istilah lain yang saat ini lagi viral, agar diterangkan kepada masyarakat supaya masyarakat faham, tidak cemas dan agar masyarakat tahu cara mengambil sikap terangnya.

“Kami juga tengah melakukan persiapan untuk pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang bertujuan untuk memberi pekerjaan dan penghasilan kepada masyarakat desa yang saat ini secara ekononi mereka terdampak langsung oleh adanya pandemi covid 19, PKTD tersebut kami laksanakan sesuai dengan arahan pak Bupati yang beliau tuangkan melalui Surat Edaran nomor 140/1001/DPMD tertanggal 26 Maret 2020, tentunya setiap langkah kerja Pemerintah Desa Kutanagara dalam upaya tanggap Covid 19 adalah merupakan hasil kesepakatan rapat dan musyawarah desa,” jelasnya.

Diakhir wawancara Kades mengimbau agar seluruh masyarakat desa bisa bersabar dan bertawakal, mendekatkan diri kepada Alloh, meluruskan hati, tidak saling menyalahkan, tidak saling menyudutkan, mari semua menyamakan langkah melawan covid 19 dengan terus mengikuti dan melaksanakan anjuran serta peraturan pemerintah seraya berdoa semoga wabah ini cepat dicabut oleh Alloh Subhanahuwwataala.

“Tolong bantu Pemerintah dalam menghadapi tugas berat ini, tanamkan keyakinan bahwa Alloh akan selalu meringankan beban dan mencukupi kebutuhan hidup ummatnya, asal kita shobar dan tawakkal,” pungkasnya.

Laporan : RIYADI

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya