Jadi Wadah Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

SIDOARJO, INFODESAKU – Sidoarjo dengan jumlah desa sebanyak 322 yang tersebar 18 kecamatan, memiliki beragam potensi yang bisa dikembangkan. Bila didampingi, potensi tersebut bisa menjadikan masyarakat desanya sejahtera.

Dari situ, sejumlah ide anak muda muncul. Utamanya perihal cara mengembangkan potensi desa yang bisa bermanfaat untuk masyarakatnya. “Pesona Desa” lalu jadi wadahnya.

Direktur Pesona Desa, Ulul Azmi saat ditemui, Rabu (08/07) mengatakan Pesona Desa dibentuk untuk kesejahteraan masyarakat desa. Karena itu, setiap blusukan ke desa, tim Pesona Desa akan memberikan solusi terbaik terhadap setiap permasalahan yang ada di desa. “Pesona Desa ingin menjadi wadah bagi masyarakat desa untuk bangkit,” ujarnya.

Ulul mengungkapkan, kegiatan konsultasi yang dilakukan bersama tim Pesona Desa sampai pada pembinaan. Mulai dari kreativitas, inovasi, hingga desa mandiri. Pesona Desa juga menyasar sejumlah bidang untuk dikembangkan. Seperti produk unggulan desa (prukades), BUMDes, sejarah, wisata maupun problem pemdes.

Tim Pesona Desa juga membantu marketing prukades. Sebab, pemasaran jadi salah satu permasalahan penjualan produk di desa. “Melalui Pesona Desa kita fokus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” imbuhnya.

Inisiator Pesona Desa, Achmad Amir Aslichin juga berharap Pesona Desa bisa bermanfaat bagi masyarakat desa. Dia berinisiatif ikut andil mempromosikan potensi desa yang bisa jadi ikon peningkatan perekonomian.

Anggota DPRD Jawa Timur ini menyampaikan, sejak digagas pada 2019 dan dilaunching Januari 2020, Pesona Desa harus bisa bermanfaat bagi masyarakat desa. Potensi di desa harus digali. Masyarakatnya harus berkembang dengan potensi tersebut.

“Kami akan berupaya untuk membantu mempromosikan,” ucap Mas Iin–panggilan Achmad Amir Aslichin.

Menurutnya, banyak permasalahan di desa yang butuh pendampingan. Serta bagaimana meningkatkan SDM semua pegiat dan penyelenggara di pemdes. Selain itu juga untuk memajukan BUMDes agar perekonomian masyarakat desa meningkat.

“Peluang-peluang yang merupakan potensi itu harus dimanfaatkan dengan baik. Sidoarjo bisa maju jika desanya inovatif dan berkembang,” ucap pria yang pernah menjadi Ketua Fraksi PKB DPRD Sidoarjo 2 periode ini.

Sebagai inisiator Pesona Desa, Mas Iin ingin memberikan semangat pada masyarakat desa. Budaya guyub rukun di desa harus bisa menjadi cikal bakal berkembangnya potensi di desa. Akar masalah di desa juga harus dicarikan jalan keluar untuk meningkatkan perekonomian.

“Masyarakat desa ikut andil untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian Kota Delta,” pungkas lulusan The University of Melbourne, Australia ini. (edw).

 

Laporan : Edy Wienarno

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra