Ungkapkan Rasa Syukur, Warga Desa Balongsari Gelar Bersih Desa

BLORA, INFODESAKU – Tradisi bersih desa atau sedekah bumi biasa dilakukan masyarakat sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa akan hasil panen dari pertanian. Demikian halnya yang dilakukan warga desa Balongsari kecamatan Banjarejo kabupaten Blora melaksanakan kegiatan bersih desa dengan cara swadaya.

Para warga sambil membawa masakan dari hasil bumi diarak keliling desa menuju titik kumpul di sumber mata air atau sendang desa setempat.

Kepala desa Balongsari, Sutikno mengatakan bahwa kegiatan bersih desa ini sudah dilakukan sejak dahulu dan menjadi tradisi turun temurun.

“Para warga melaksanakan tradisi bersih desa ini dari turun temurun dan dilakukan setiap tahun sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah yang memberi hasil panen pertanian di tahun ini,” ucapnya pada Rabu, (08/07/2020).

Sutikno menambahkan dirinya merasa bangga karena masyarakatnya yang mayoritas petani masih antusias melakukan sedekah bumi di tengah wabah Corona ini.

“Alhamdulillah, meski ada wabah virus Corona, masyarakat tetap bisa panen,” imbuhnya.

Setelah para warga berkumpul di suatu sendang, mereka mengumpulkan masakan hasil panen menjadi satu. Selanjutnya, tokoh agama desa setempat memanjatkan doa bersama yang diikuti seluruh warga yang hadir.

“Di tengah mewabahnya virus Corona ini, kami berdoa agar diberi kesehatan dan semoga virus Corona ini cepat hilang,” pungkas Sutikno.

Tak hanya para warga setempat, sejumlah pedagang asongan dari desa tetangga yang menjajakan dagangannya di lokasi pun kebagian makanan yang sudah didoakan para warga. Selanjutnya, para warga dihibur dengan kesenian Tayub.

Laporan : Arf

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Puisi Puisi Soleh Sohih