Danrem 063 Sunan Gunung Jati Cirebon Kunjungi Poktan Sridewi Desa Windujanten

KUNINGAN, INFODESAKU – Danrem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K,S.A.P berkunjung ke Kelompok Tani Sridewi, Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede, kunjungan kerja tersebut dilakukan dalam rangka penijauan pilot project ketahanan pangan sekaligus penanaman bibit kubis. Jum’at, (10/07) lalu.

Kunjungan kerja Danrem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon disambut hangat oleh Bupati Kuningan H.Acep Purnama SH. MH, didampingi Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi Karter Joy Lumi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri, Sekretaris daerah, Kadis Ketahanan Pangan Dan Pertanian dan Forkompincam Kadugede serta Kades Windujanten.

Danrem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon mengatakan Kabupaten Kuningan ini akan dijadikan pilot project dibidang ketahanan pangan mengingat masyarakatnya mayoritas petani, selain itu masyarakatnya kompak hal itu terlihat dari penanganan covid-19 yang optimal.

” Optimis dengan kondisi yang sudah zero covid-19 ini akan menimbulkan semangat masyarakat untuk bercocok tanam sehingga taraf hidup masyarakatnya menjadi makmur dengan harapan Kabupaten Kuningan ini lebih sejahtera,” tegas Danrem.

Menurut Kepala Diskatan Kuningan Dr Ukas Suharfaputra MP, penanaman kubis oleh Danrem 063 dilakukan dilahan pertanian Kelompok Tani Sridewi seluas 16 hektar, kelompok ini merupakan binaan Dinas Pertanian yang telah berdiri selama Lima tahun.

Ukas juga menyebutkan masih ada tiga kelompok Sridewi lainjya, namun Danrem 063/SGJ sendiri menanam bibit kembang kubis dilahan Kelompok Sridewi satu, dimana Kembang kubis merupakan program unggulan dari beberapa produk holtikultura dan peternakan.

” Kami juga membangun fasilitas penunjang pertanian dan hasilannya terus meningkat sehingga swdikitnya bisa mensejahtrakan kehidupan petani,” pungkasnya.

Kades mengatakan desanya juga tengah membangun Embung penampungan air namun harus terhenti karena kekuarangan dana terdampak pandemi covid-19.

” Embung tersebut telah di survei oleh Dandim 0615, semoga ada tindak lanjutnya, jika Embung ini selesai bisa mengairi areal pesawahan 25 hektar,” ungkapnya.

Sementara Bupati H. Acep Purnama S.H, MH dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasih atas kunjungan Danrem 063 Sunan Gunung Jati Cirebon dan telah menjaga kondusifitas kabupaten Kuningan mengingat Kabupaten Kuningan juga adalah wilayah teritorial dari Korem 063. Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Windujanten yang telah mengunakan dana IP nya untuk Embung penampungan air selain itu Embung berpungsi sebagai pengendali banjir dikala musim hujan dan pengadaan air dikala musim kemarau.

” Seizin dari Pak Danrem Embung yang belum selesai ini akan Saya selesaikan agar tidak menghambat terhadap projek ketahanan pangaan,” janji sang Bupati.

 

Laporan : BUDI

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove