Pemerintah Kecamatan Kadugede Berikan Bimtek Pelatihan Pengoperasian Aplikasi eHDW Kader Pembangunan Manusia

KUNINGAN, INFODESAKU – Menindak lanjuti surat edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor 13 Tahun 2020, Camat Kadugede adakan Bimtek Pelatihan Pengoperasian Aplikasi eHDW Kader Pembangunan Manusia yang bertempat di aula Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Selasa (07/07) lalu.

Kegiatan ini di hadiri oleh Camat Kadugede Drs. Tatang Taryono Msi beserta jajarannya, Kader Pembangunan Desa Sekecamatan Kadugede, Tenaga Ahli (T.A) Kabupaten serta Pendamping desa (PD).

Secara langsung nara sumber dari Tenaga Ahli (T.A ) dari Kabupaten Kuningan dan Pendamping Desa (PD) melaksanakan bimtek pelatihan pengoperasian Aplikasi E-HDW ke semua kader pembangunan manusia yang dapat di gunakan untuk memperoleh data real time dan informasi secara akurat untuk membantu desa memfasilitasi pencegahan stunting.

” Sehubungan dengan di terapkannya aplikasi e-HDW ini diharapkan kepada desa untuk menganggarkan telepon seluler minimal Android 5 guna untuk pelaporan data, dengan adanya aplikasi mobile ini desa dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa,” ucap Camat Kadugede Drs. Tatang Taryono Msi.

Ia menjelaskan aplikasi eHDW dan Indeks Desa Membangun (IDM) akan terintegrasi dengan sistem informasi EPPGBM ( Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat).

“Akan menjadi dasar dalam penetapan lokal desa prioritas (Desa Merah Stunting ) dan rekomendasi intervensi lintas sektor,” jelasnya.

Lebih lanjut Camat menambahkan, cakupan menu aplikasi eHDW meliputi data data fasilitas desa. Contohnya polindes, PAUD, posyandu, air bersih dan sanitasi serta penerima manfaat.

“Penerima manfaat itu adalah ibu hamil, ibu nifas, anak berumur 0 sampai 2 tahun serta anak yang berumur lebih dari 2-6 tahun,” lanjutnya.

Secara khusus aplikasi eHDW bertujuan untuk memfasilitasi data dan tugas manajemen kasus untuk KPM serta mengidentifikasi kesenjangan utama dalam pemberian layanan sehingga KPM dapat lebih efektif mengadvokasi pemerintah desa.

 

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra