Selain Meresmikan Lembur Tohaga, Sekda Dorong Potensi Usaha di Desa Girijaya

SUKABUMI, INFODESAKU – Selain meresmikan Lembur Tohaga yang berlokasi di Kampung Padepokan Girijaya RT 10/04 Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H Iyos Somantri juga turut mendorong berbagai potensi usaha yang ada di Desa Girijaya. Diantaranya Pembuatan Wisata Curug pelangi, Budidaya Ulat Jerman, usaha bunga potong serta pelestarian kesenian dan budaya.

“Saya akan berkoordinasi dengan Dinas – dinas terkait untuk mendorong beberapa potensi usaha yang ada di desa ini,” ungkap Iyos Somantri usai meresmikan Lembur Tohaga yang berlokasi di Padepokan Girijaya Rt 10/04, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Selasa (14/07/2020).

Menurutnya, dengan diresmikannya Lembur Tohaga atau kampung Tangguh tersebut, tentunya kita harus mampu mempertahankan ketangguhannya.

“Intinya kita harus tangguh dari beberapa sisi. Mulai dari ketahanan pangan, kemandiriannya, sumberdaya manusianya, dan tangguh juga kesehatan serta budayanya,” kata Iyos.

Oleh sebab itu kata dia, Pemerintah Daerah akan mendorong desa ini agar menjadi tangguh yang sebenarnya. Mulai dari wisata, potensi usaha bunga potongnya, budidaya Ulat Jerman serta pelestarian budayanya.

“Itu semua akan kita koordinasikan dengan Dinas – dinas terkait agar bisa berkolaborasi,” pungkasnya.

Sementara Camat Cidahu Eri S Tanto dalam sambutannya menjelaskan bahwa, berkat upaya serta kerjasama berbagai pihak bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan kini Wilayah Cidahu sudah masuk Zona hijau.

“Usai perpanjangan PSBB ke Empat, dari data Enam orang yang positif terus berkurang menjadi Tiga. Kemudian alhamdulilah sekarang sisanya nol,” papar Camat.

Dengan demikian kata dia, dirinya meminta kepada masyarakat untuk bisa memahami kondisi New Normal saat ini.

“New Normal itu bukan berarti sudah bebas seperti biasa, tetapi ini justru tugas kita lebih berat. Intinya kita harus sadar dengan Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB, mulai dari memakai masker, jaga jarak hingga rajin mencuci tangan,” Tegas Camat.

 

Laporan : BA

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya