Pemdes Dunguswiru Bantu 10 KUBE Awali Kebangkitan Ekonomi Desa Di Era New Normal

GARUT, INFODESAKU- Perwakilan Kelompok Usaha Bersama (Kube) menerima bantuan dari Pemerintah Desa Dunguswiru, Kecamatan Balubur Limbangan untuk pengembangan usaha. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala desa Dadang Kusnadi kepada 10 Kube di Warung Teknologi desa. (Kamis, 30/7/20)

Dalam sambutannya Kepala desa Dadang Kusnadi menyampaikan pemberian bantuan modal tersebut merupakan komitmen Pemerintah desa untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah. Bentuk kepedulian pemerintah desa ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan bantuan kepada 10 kelompok usaha bersama (kube) agar usahanya terus berkembang.

“Bantuan ini merupakan realisasi dari Dana Desa tahap dua tahun anggaran 2020 yang teruang dalam APBDesa, jumlah bantuan yang diterima KUBE berpariasi diseauaikan dengan bidang usahanya, mulai dari tigabelas jutaan sampai delapanbelas jutaan per KUBEnya,” paparnya.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Asep Jaelani yang turut memberikan pembekalan terhadap KUBE sangat mengapresiasi kebijakan Pemerintah Desa Dunguswiru yang memberikan bantuan modal terhadap 10 KUBE kareana hal ini sangat tepat mengingat dampak dari pandemi covid-19 membuat perekonomian masyarakan lesu dan melemah.

“Dengan bantuan Kelompok Usaha Bersama ini bisa memicu semangat para pelaku usaha untuk bangkit dan mengerakan kembali gairah ekonomi desa,” ungkapnya.

Asep Jaelani mengingatkan Kelompok Usaha Bersama ini butuh pendamping yang memahami pengembangan usaha, untuk memberi wawasan usaha pada KUBE penerima bantuan tersebut.

“Dengan demikian usaha Kube mampu bertahan dan terus berkembang, karena bantuan ini bukan untuk dihabiskan namun untuk dikembangkan dan dipertanggung jawabkan,” imbuhnya.

Laporan: Bhegin

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa