Kemenparekraf dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Adakan Bimtek Pendampingan Desa Wisata

SUMBAR, INFODESAKU – Dengan maksud meningkatkan SDM Desa Wisata dan mempersiapkan Desa Wisata agar mampu bersaing di masa adaptasi kebiasaan baru, Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memfasilitasi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Desa Wisata oleh Akademisi yang diperuntukkan bagi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) dan desa binaannya. Bimtek ini bertempat di Hotel Grand Rocky, Bukittinggi pada Selasa, (25/08/2020)

Dalam sambutan Kemenparekraf yang diwakili oleh Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Regional I, Desty Murniati, menyampaikan harapan bahwa Bimtek Pendampingan Desa Wisata dengan materi CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) dan Pengembangan Potensi Produk Pariwisata dapat semakin memajukan Desa Wisata binaan UMSB sehingga saat malam apresiasi di bulan November nanti dapat terpilih sebagai 20 (dua puluh) besar.

“Mohon diikuti Bimtek ini sebaik mungkin sehingga ilmu yang didapat bisa diterapkan di Desa Wisata bimbingan agar ke depan, masyarakat di Desa tersebut mampu menyelenggarakan kegiatan pariwisata yang sehat, aman dan nyaman,” himbaunya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Kabupaten Bukittinggi, Supadria, dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan Bimtek menyampaikan bahwa pembangunan pariwisata harus terpadu dan terencana serta harus memperhatikan kelestarian lingkungan dan melibatkan pentahelix.

“Masterplan penting bagi pembangunan pariwisata, agar saat ada bantuan dari pemerintah maupun pihak ketiga akan mempermudah dalam pengembangannya sehingga (pembangunan dapat dilakukan) lebih sistemik dan berkesinambungan,” katanya mengingatkan.

Bimtek ini dihadiri oleh peserta yang datang dari Desa Saribu Gonjong dan Desa Lawang berjumlah 30 orang. Turut hadir dalam pembukaan Kadisparpora Kabupaten 50 Kota, Nengsih, dan Rektor UMSB Riki Saputra, serta narasumber yang berasal dari para Akademisi di Fakultas Pariwisata UMSB yaitu Mochammad Abdi, Edi Novra, Rozi Yuliani, Dewi Anggraini, dan Wina Asty, serta Vina Kumala yang bertindak sebagai moderator acara.

Kegiatan Bimtek ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan bagi semua peserta dan panitia yang meliputi tes rapid, pengukuran suhu, pemakaian masker, penyemperotan ruang pertemuan dengan desinfektan dan penerapan jaga jarak fisik.

 

Laporan : RF/EPF

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa