Pentingnya Pembinaan Kearsipan di Sekolah

BOGOR, INFODESAKU – Sebanyak lima Sekolah Dasar Negeri di Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja , Kabupaten Bogor mendapat monitoring dan evaluasi kearsipan dari Dinas Kearsipan Kabupaten Bogor. Ke lima sekolah dasar tersebut adalah SDN Cikeas 01, Cikeas 02, Cikeas 03, Cikeas 04, dan Cikeas 05. Monev dilakukan di SDN Cikeas 01, Selasa (16/02/2021) dan dihadiri oleh Kepala Sekolah, Guru, serta Operator sekolah yang mewakili sekolah masing-masing.

Kasi Lembaga Pendidikan, BUMD dan Organisasi Dinas Kearsipan Kabupaten Bogor, Komisatun, menjelaskan pentingnnya sekolah melaksanan kaidah kearsipan yang benar dan tertata dengan memiliki record center sebagai pusatnya arsip sekolah untuk memudahkan pencarian arsip jika dibutuhkan.

” Sekolah diharapkan mempunyai ruangan khusus sebagai record center arsip, semua arsip ditata dan dikelola dengan rapih disatu tempat untuk memudahkan pencarian arsip saat dibutuhkan. Ada beberapa arsip yang tidak bisa dihancurkan, contohnya buku induk siswa ,fotocopy ijasah, yang harus diarsipkan terus, bahkan sampai sekolah itu bubar harus tersimpan rapih. Jangan sampai arsip-arsip penting milik sekolah tercecer tidak pada tempatnya tempatnya, semuanya harus terkordinir dengan baik dan rapih” jelas Komisatun.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Cikeas 05, Iswandoro, menyambut baik kedatangan tim monev dari Dinas Kearsipan Kabupaten Bogor, menurutnya penataan arsip sekolah sudah seharusnya dikelola dengan rapih dalam satu tempat khusus dan terawat sesuai kaidah kearsipan yang benar.

” Kerapihan dalam menyimpan arsip memang harus dilakukan disetiap sekolah untuk memudahkan pencarian arsip saat dibutuhkan, sekolah harus memiliki ruang khusus untuk arsip, sesuai saran dari Dinas Kearsipan dan kami sebagai kepala sekolah setuju dengan saran tersebut, selanjutnya akan menjadi agenda bagi kami untuk menyiapkan ruangan khusus arsip.” pungkas Iswandoro.

 

Laporan : AJH

Related posts

Festival Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak SDN 01 Trans Batumarta VII

Hari Lahir Pancasila, Warga Desa Tajimalela Tersenyum Lebar

Pastikan Pembagian Bantuan Beras Berjalan Lancar, Petugas Lakukan Monitoring