Satgas Covid-19 Desa Cibadak Pastikan Kesiapan Posko Terpadu Tingkat RT/RW

 

BOGOR, INFODESAKU – Pemdes Cibadak kecamatan Ciampea, Bogor adakan kunjungan ke posko Terpadu satgas covid-19 desa Cibadak yang berlokasi di wilayah lingkungan RW 02 dalam kunjungan tersebut tampak hadir BPD, RT, RW, Bhabinkamtibmas serta Babinsa. Pada kamis (25/02)

Liya Muliya, S.Pdi., M.Pd selaku kepala desa menyampaikan kepada media, bahwa pada hari ini kami mengadakan kunjungan ke Posko Penanganan Covid-19 Dalam Rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Di tingkat desa (PPKM Mikro) dengan upaya pencegahan.

“Tujuan pembentukan posko untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi perkembangan kasus Covid-19 di tingkat mikro, khususnya selama PPKM Mikro. Dengan memanfaatkan sumberdaya manusia dan semangat gotong royong, agar lebih efektif maka dibentuklah posko desa,” jelasnya.

Lebih lanjut, terdapat beberapa ketentuan agar posko dapat berjalan efektif yaitu pertama, menentukan struktur dan personel yang terdiri dari aparat dan mitra desa sesuai kebutuhan. Kedua, menentukan lokasi posko sepeti memanfaatkan kantor kepala desa atau lapangan, atau juga lokasi lainnya yang dinilai representatif. Ketiga, menyiapkan sarana dan prasarana menilai status zonasi wilayah.

“Posko memiliki fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan dari mulai cara memakait masker yang benar mencuci tangan membatasi kegiatan menghidari kerumuan dan pendukung. Dalam menjalankan fungsinya itu, posko dapat mengacu panduan teknis, pembentukan dan operasional posko penanganan Covid-19 di tingkat desa,” ungkapnya,

Sementara Wahyudin Babinsa, menabahkan kepada warga Desa Cibadak dimohon kerjasamanya agar selalu bekerjasama menjalankan protokol kesehatan dikarnakan sejauhi ini masih ada saja warga yang tidak menggunakan masker selama pihak kami berjaga di posko Terpadu satgas Covid-19 yang dibentuk oleh pemerintah desa.

“Jika ada masyarakat yang tak mematuhi protokol kesehatan maka pihak kami memberhentikan warga baik penjalan kaki mau pun pengendara apabila ada yang tidak menggunakan masker maka pihak posko memberikan masker dan memberikan himbauan terhadap warga.” pungkasnya.

 

Laporan : Iwan

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%