Pemdes Tinggar Tuntaskan Pembagian BLT DD Tahap 1 TA 2021

KUNINGAN, INFODESAKU – Pemerintah Desa Tinggar Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dari Dana Desa (DD) tahap I bertempat di Balai Desa Tinggar Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan, Jumat (21/05/2021).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kepala Desa Tinggar, Muspika Kecamatan Kadugede, Kasi Kesra Kecamatan Kadugede, Bhabinkamtibmas Polsek Kadugede, Babinsa Koramil 1502 Kadugede, Ketua BPD, Pendamping Desa, Perangkat Desa, beserta warga yang menerima bantuan langsung tunai Dana Desa tersebut.

Saat pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) tersebut, Kepala Desa Tinggar, Ceceng, secara simbolis menyerahkan bantuan sosial dari Dana Desa itu kepada salah seorang warga dari keluarga penerima manfaat (KPM).

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) mendapat pengawalan dan monitoring oleh Bhabinkamtibmas Polsek Kadugede dan Babinsa Koramil 1502.

“ Alhamdulillah, pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD) dari Dana Desa ini berjalan tertib dan lancar. Bantuan ini tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran serta berpatokan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku ,” ucap Kades Tinggar Ceceng.

Jumlah KPM untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap I di Desa Tinggar Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan mencapai 25 KK yang masing-masing menerima uang tunai sebesar Rp 300.000.

Para penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tersebut berasal dari keluarga terdampak wabah Covid-19 yang tidak menerima bantuan dari program bantuan sosial lainnya.

“Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang terdampak wabah Virus Corona (Covid-19). Walaupun dananya dari desa, keputusannya dibuat oleh pemerintah,” ujar kades Tinggar Ceceng.

Penyaluran semua Bansos bagi warga terdampak Virus Corona (Covid-19), Menurut Kades Tinggar Ceceng sesuai dengan prosedur, baik bantuan sosial berupa BST, JPS, BPNT, maupun bantuan PKH dan sekarang Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa untuk tahap I.

“ Pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap I tidak ada masalah, maka untuk tahap kedua ini tinggal meneruskan saja. Jadi semuanya berjalan lancar karena data penerimanya sudah jelas ,” ujar Kades Tinggar Ceceng.

Sementara itu perwakilan dari Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan, Kasi Kesra Iis menjelaskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap ke 1 ini sudah melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan pemerintah. Proses pencairannya melalui serangkaian tahapan pendataan. Selain itu, data penerima sudah melalui verifikasi dan validasi. Proses verifikasi dan validasi data penerima Bantuan Langsung Tunai dilakukan melalui dari Kadus masing-masing.

“Prosedurnya melalui musyawarah dusun dan maupun musyawarah desa khusus,” jelas Ceceng.

Dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap I ini tidak ada polemik di masyarakat. Sebagaimana halnya penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di desa yang lain nya, semua proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap I berjalan lancar. Hal ini terwujud kerjasama dan sinergitas antara Kepala Desa, Kadus, BPD, LPMD, serta perangkat desa.

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa