Pilmapres FKIP Universitas Pakuan Dorong Mahasiswa Miliki Softskill dan Hardskill

BOGOR, INFODESAKU – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP Universitas Pakuan melaksanakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2021. Proses seleksi dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat program studi lalu seleksi tingkat fakultas.

Seleksi tingkat program studi dilaksanakan pada 3-6 Mei 2021 yang menghasilkan satu mahasiswa terbaik di setiap program studi. Program studi yang terdapat di FKIP Universitas Pakuan di antaranya Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Setelah melewati seleksi tingkat program studi, mahasiswa terbaik tersebut mendaftar untuk mengikuti seleksi di tingkat fakultas. Pendaftarn dan seleksi administrasi tingkat fakultas dilaksanakan pada 7 Mei 2021.

Berdasarkan hasil seleksi administrasi, semua perwakilan mahasiswa dari setiap program studi dinyatakan lolos dan berhak mengikuti seleksi di tingkat fakultas yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2021. Pelaksanaan seleksi di tingkat fakultas dilaksanakan secara blended (perpaduan antara daring dan luring).

Proses seleksi diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh lima mahasiswa berprestasi tingkat program studi, dekan FKIP, wakil dekan 1, wakil dekan 2, asisten wakil dekan 1 bidang kemahasiswaan, serta para dewan juri.

Dalam arahannya di pembukaan, Dekan FKIP Universitas Pakuan Etnis Sutisna mengatakan, di era persaingan bebas seperti saat ini mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dituntut memiliki hardskill dan softskill.

Namun, tak banyak yang dapat menyeimbangkan kedua kemampuan skill ini. Seringkali mahasiswa FKIP hanya menekuni bidang ilmunya atau hardskill saja, sementara softskill-nya terabaikan.

“Karenanya diperlukan ajang kompetisi antar mahasiswa untuk dapat terus mengasah daya pikir dan kemampuan mereka yang diberi nama dengan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres),” kata Entis pada Senin, (10/05) lalu.

Sementa itu, Ketua pelaksana Lutfy mengatakan, seleksi kali ini dilaksanakan secara blended. Setiap mahasiswa harus melewati 3 tahap seleksi yaitu seleksi poster dan gagasan kreatif, capaian unggulan dan kemampuan berbahasa Inggris.

Proses seleksi melibatkan dewan juri yang sesuai dengan bidangnya. Tim juri poster dan gagasan kreatif yaitu, Suhendra dan Yudhie Suchyadi. Tim juri capaian unggulan di antaranya Fitri Siti Sundari dan Annisa Nurramadhani. Kemudian tim juri kemampuan berbahasa Inggris yaitu Poppy Sophia Hidayati dan Meilisha.

“Pelaksanaan seleksi berjalan dengan lancar yang dilaksanakan secara blended, dewan juri menilai secara langsung (luring) para peserta yang hadir di FKIP dan ada 1 mahasiswa yang mengikuti seleksi ini secara daring,” terang Lutfy.

Lutfy menerangkan, dewan juri menyeleksi para peserta sesuai dengan bidangnya masing-masing, mengonfirmasi gagasan kreatif yang sudah dibuat, capaian unggulan yang diperoleh, dan kemampuan berbahasa Inggris yang harus dikuasai oleh mahasiswa berprestasi.

“Hasil penilaian dari setiap dewan juri dituliskan pada berita acara untuk bahan rapat internal dewan juri dalam penentuan peringkat satu sebagai perwakilan dari FKIP Universitas Pakuan,” lanjutnya.

Berdasarkan hasil penilaian dan rapat penentuan pemenang, dewan juri telah menetapkan satu orang pemenang. Penyampaian pemenang Pilmapres tingkat FKIP diumumkan secara langsung saat penutupan oleh wakil dekan 1 bidang akademik dan kemahasiswaan, Sandi Budiana.

Sandi mengumumkan pemenang Pilmapres dengan menyebutkan raihan nilai yang diperoleh setiap peserta. Pada Pilmapres 2021 tingkat FPIK ini menghasilkan Siti Aqilah dengan nilai 82,6 dari program studi Pendidikan IPA sebagai peringkat 1.

 

Laporan : Red/MHT

Related posts

Salurkan BLT DD, Kades Sindangjawa: Gunakan Untuk Kebutuhan Pokok

Kades Ciketak Pastikan Penyaluran BLT DD Tepat Sasaran

Pemdes Tengkujuh Mengadakan Pembinaan Aparatur Terkait Administrasi Desa