Kelestarian Kebudayaan Lokal Tetap Terjaga Di Desa Palembapang

LAMSEL, INFODESAKU – Budaya lokal di era zaman Gadget masyarakat dan anak- anak khususnya hampir terpengaruh dengan budaya asing dari tayangan di layar kaca siaran TV lokal, dan pengaruh media sosial yang sudah semakin merusak mental, jiwa dan pikiran masyarakat.

Namun, hal tersebut di tampik oleh Kepala Desa Palembapang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Hendriyadi SE, MM, yang giat mengangkat budaya, dan melestarikan adat budaya khususnya adat budaya Lampung.

Seperti dalam kegiatan hari ini Hendriyadi Kades Palembapang bersama warga dengan semangat gotong – royong (Sakai Sembayan) mengangkat rumah warga milik Ibrahim (55) Tahun dan salmawati warga Dusun 08 Pemukiman Pelita Dewa Desa Palembapang.

Menurut Hendriyadi Kades Palembapang, “Kebudayaan seperti ini akan tetap kami jaga dan di lestarikan, sebagai bentuk kebersamaan, kekompakan, gotong-royong atau sesakaian.” ungkapnya.

“Kegiatan ini memang bagian daripada rangkaian kegiatan Sooting si Bolang di TV Trans 7 namun bukan hanya sekedar di buat -buat atau di ada -adakan. Saya pun berharap dalam rangkaian kegiatan Sooting Si Bolang ini dapat menumbuhkan raya kepercayaan diri bagi anak Desa Palembapang, khususnya Lampung Selatan Provinsi Lampung. ” Ujarnya.

Hendriyadi SE, MM, menambahkan, ” Tujuan utamanya ialah kebudayaan khususnya adat budaya Lampung akan lebih di kenal lagi baik di kancah Nasional, maupun Internasional. Karena setiap minggu pun kami hidupkan adat budaya Lampung yakni, melatih pemuda-pemudi Desa Palembapang ini belajar kesenian adat budaya meliputi Tari-tarian, Piccak Lampung Elang Bekekhang, di bawah nawungan Sanggar Seni Sai Buai, Desa Palembapang. “Pungkasnya.

Laporan : (R.Y5)

Related posts

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini