Bentuk Pengabdian Pada Masyarakat Mahasiswa STIE Dewantara Berikan Bantuan Sosial Sekaligus Penanaman Pohon

BOGOR, INFODESAKU – Sejumlah mahasiswa STIE Dewantara Fakultas Ekonomi Jurusan Managemen berikan bantuan sosial berupa sembako kepada warga Desa Gunung Geulis. Bantuan sembako kepada tigapuluh warga Gunung Geulis dilaksanakan berlokasi di Gunung Geulis Camp Area (GGCA) Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Minggu (13/06).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Dosen Fakultas Ilmu Budaya Dasar, Seketaris Desa Gunung Geulis, Babinmas, Tokoh Masyarakat, Pengelola GGCA serta Tokoh Agama setempat. Selain pemberian bantuan sosial, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman 150 pohon disekitar area GGCA terdiri dari 75 bibit tanaman buah dan 75 bibit tanaman keras.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Muhammad Anggodo Marditya. menjelaskan, kegiatan baksos serta penanaman pohon merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat sebagai implikasi dari mata kuliah ilmu budaya dasar yang bertujuan peduli sesama kepada masyarakat kurang mampu serta pelestarian lingkungan hidup.

” Dengan bakti sosial pembagian sembako, pemberian baju layak pakai adalah bentuk kepedulian sosial terhadap warga yang membutuhkan, selanjutnya penanaman bibit pohon mengedukasi kepada masyarakat untuk melestarikan lingkungan, penghijauan lahan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan,” jelas Anggodo.

Sementara itu, Dosen mata kuliah Ilmu Budaya Dasar STIE Dewantara, Syaiful Anwar mengatakan, mahasiswa tidak hanya pintar di kampus tetapi pintar mengamati sosial masyarakat. Apa yang dibutuhkan masyarakat karena nanti setelah selesai kuliah mereka akan bersosialisasi dengan masyarakat. Mahasiswa harus peka terhadap lingkungan sosial masyarakat, ini adalah salah satu yang diajarkan pada mata kuliah ilmu budaya dasar.

” Salah satu mata kuliah ilmu budaya dasar adalah pengabdian masyarakat, dimana mahasiswa harus mempunyai kepedulian sosial kepada masyarakat. Dibeberapa kampus melakukan KKN dengan waktu yang sangat panjang tetapi di kita hanya satu hari berupa pengabdian masyarakat. Disini mahasiswa dididik mempunyai kepedulian kepada masyarakat karena masyarakat mempunyai problematika yang luas. Untuk lokasi pengabdian masyarakat, mahasiswa mencari sendiri, melihat mayoritas masyarakat desa gunung geulis masih menengah kebawah maka disini kita lakukan kegiatan. Kita coba memberikan solusi kepada masyarakat dengan memberikan bansos, serta penanaman bibit pohon untuk penghijauan.” papar Syaiful Anwar.

Apa yang dilakukan oleh mahasiswa STIE Dewantara yang beralamat di Kelurahan Sukahati Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor menjadi contoh baik buat masyarakat semua. Kepedulian sosial menjadi tanggung jawab bersama, apalagi masih ditengah mewabahnya pandemi covid-19, banyak sekali masyarakat ekonomi lemah dampak pandemi yang harus kita bantu mencari solusinya.

 

Laporan : AJH

Related posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik

Ini Kata Kades Agom Maryono Di Akhir-Akhir Jabatannya