PT. Bogor Mineral Biarkan Irigasi Cingkumpuni Tiga Tahun Dangkal, Camat Datangkan Alat Berat

BOGOR, INFODESAKU – Datangnya alat berat dari Dinas Pengairan Kabupaten Bogor disambut gembira oleh para petani yang ada di Kecamatan Tanjungsari. Kedatangan alat berat tersebut guna mengeruk irigasi yang mengalami pendangkalan akibat abu batu yang turun dari PT. Bogor Minral. Rabu, (08/12).

Mewakili para petani, Uki Dasuki anggota kelompok tani Desa Pasir Tanjung mengungkapkan rasa terimakasihnya terhadap pemerintah yang perduli dengan jeritan petani akan susahnya air mengalir kelahan garapannya selama hampir 3 tahun, akibat saluran irigasi yang mengairi lahan pertanian di 4 desa terkena dampak abu dan batu dari PT. Bogor Minral.

“Irigasi tersebut mengalami pendangkalan akibat timbunan material PT. Bogor Mineral ditambah longsor tanah sehingga menutup semua aliran air dari bendungan Cingkumpeni”, ungkapnya.

Uki juga menuturkan para petani menangis karena sawahnya yang harusnya sudah beberapa kali panen sampai saat ini belum bisa ditanami padi bahkan yang sudah di bajak pun gagal untuk di tanami padi karena kekeringan.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Camat Tanjungsari, Drs Sutisna atas bantuannya yang telah mendatangkan alat berat (beko) semoga dengan pengerukan ink air basa normal kembali dan kami bisa bertani lagi tanpa kekurangan air”, pungkasnya.

Sementara Camat Drs. Sutisna berpesan kepada para petani agar setelah pengerukan dan dibersihkan saluran irigasi, para petani jangan menjebol saluran irigasi untuk kepentingan pribadi tanpa memikirkan para petani yang dihilir.

“Jadi saya tekan agar sesama anggota kelompok tani bisa saling menjaga dan merawat irigasi supaya saluran irigasi tersebut bisa mengalir sampai ke hilir”, tegasnya.

Camat pun mengimbau kepada warga masyarakat yang tinggalnya dipinggir saluran irigasi agar tidak membuang sampah ke saluran irigasi supaya air bisa mengalir tanpa hambatan.

“Petani dan masyarakat supaya bisa menjaga irigasi demi kepentingan bersama. Apalagi kecamatan Tanjungsari mayoritas penduduknya bermata pencaharian disektor pertanian”, pungkasnya.

 

Laporan : Endang M

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove