Kades Ciwangi Musrembang Merupakan Upaya Dalam Membangun Desa

GARUT, INFODESAKU – Bertempat di GOR Desa Ciwangi Kecamatan Balubur Limbangan, Pemerintah Desa Ciwangi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan RKPD Kabupaten Garut Tahun 2023 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (DU-RKPD) Tahun 2023 dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan dalam implementasi Rencana Pembangunan Jangka menengah daerah (RPJMD). Selasa, (18/01).

Musrembang dihadiri oleh unsur Pemerintah Desa, BPD, Pengurus lembaga kemasyarakatan desa, Pendamping desa, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, unsur perempuan dan juga stakeholder terkait.

Juanda selaku sekretaris desa menjelaskan pada hakekatnya perencanaan pembangunan merupakan proses perumusan keputusan dari berbagai alternatif yang berasal dari data dan informasi factual kemudian menjadi sumber untuk menentukan tujuan yang akan dicapai. Tujuan itu adalah meningkatnya kesejahteraan rakyat yang hanya dapat dicapai melalui tahap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang spesifik, terukur, dan tepat waktu. Terdapat dua pendekatan dalam perencanaan yaitu sentralistik (Top-Down Planning) dan Desentralistik (Bottom-up Planning) perencanaan merupakan tahapan yang penting untuk dilalui dalam sebuah proses pembangunan karena dalam praktiknya pembangunan yang akan dilakukan akan menemui berbagai hambatan baik dari sisi pelaksana, masyarakat sebagai sasaran, maupun dari sisi diluar itu semua.

“Untuk meminimalisasi dampak yang ditimbulkan oleh hambatan itulah maka perencanaan harus dilakukan sebagai sebuah tahap penting dalam proses pembangunan”, jelasnya.

Sementara Kepala desa Marpu N Setiabudi dalam sambutannya menyampaikan Musrembang merupakan salah satu upaya desa dalam membangun, dengan Musrembang tersebut masyarakat bisa mengusulkan prioritas pembangunan yang akan didanai oleh pemerintah daerah salah satunya dalam bidang perdagangan dan pertanian yang bisa meninfkatkan tarap hidup masyarakat sehingga terwujud desa yang sejahtra, kuat dan mandiri.

“Untuk mewujudkan Desa Ciwangi yang sejahtra, kuat dan mandiri kita perlu kerjasama dan upaya semua elemen masyarakat, semoga hari esok Desa Ciwangi lebih baik”, pungkasnya.

 

Laporan : Bhegin

Related posts

Forum Sabadesa Sarana Diskusikan Dan Evaluasi Administrasi Desa

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN