Forum Sabadesa Sarana Diskusikan Dan Evaluasi Administrasi Desa

GARUT, INFODESAKU – forum Sabadesa Kecamatan Balubur Limbangan yang mayoritas anggotanya staf desa yang berkaitan dengan pengelolaan dan pelaporan administrasi desa secara rutin menggelar pertemuan bulanan guna meningkatkan kapasitas sekaligus sebagai ajang diskusi dalam mencari solusi dan menyamakan persepsi. Acara dilaksanakan di Wartek Desa Dunguswiru yang dihadiri oleh Kasi PMD kecamatan, Pendamping desa, Para Kepala desa, Sekretaris desa, Bendahara desa dan oprator. Kamis, (08/06).

Asep Sudrajat selaku ketua Forum menjelaskan kegiatan ini rutin dilaksanakan secara bergilir setiap bulannya dan untuk bulan ini kita selenggarakan di Desa Dunguswiru, tujuan dari forum ini untuk meningkatkan SDM dalam bidang administrasi desa serta memperkuat tali silaturahmi antar staf desa.

“forum Sabadesa Kecamatan Balubur Limbangan yang mayoritas anggotanya staf desa yang berkaitan dengan pengelolaan dan pelaporan administrasi desa”, jelasnya.

Firma kasi PMD Kecamatan Balubur Limbangan dalam sambutannya menegaskan pertemuan forum sabadaesa untuk menyamakan persepsi dalam hal pemahaman tatakelola administrasi desa selain memperkuat silaturahmi antar pemerintah desa. Firma juga mengingatkan agar para Kepala desa mengevaluasi atas kinerja stafnya.

” Data aset desa merupakan salah satu sarat pencairan dana desa, sebab itu harus segera dilengkapi”, tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Pendamping desa Euis Nurhida menyampaikan hasil monev realisasi Dana Desa tahap satu dimana ada beberapa kekurangan diantaranya kelengkapan dokumen.

“Dokumen merupakan bagian terpenting dalam sebuah pelaksanaan dan pelaporan penggunaan anggaran khususnya Dana Desa, kerjakan dan selesaikan administrasi sesuai dengan kegiatan”, jelasya.

Setelah pemaparan materi acara dilanjutkan dengan diskusi dan diakhiri dengan ramahtamah.

 

Laporan: Bhegin

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA