Wabup Harapkan “Pelestarian Budaya Sunda Harus Lebih Masif dan Dilakukan Secara Kolaboratif”

SUKABUMI, INFODESAKU – Wakil Bupati Sukabumi H.Iyos Somantri membuka acara Sawala Luhung (Musyawarah Besar) Sanggar Seni Mustika Cahya Linuhung di Sanggar Seni Mustika Cahya linuhung, Jl.Al.Muahidin Kampung Kaum Kaler Rt 04/01 Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Rabu (26/1/2022)

Sawala Luhung mengusung tema “sejahtera pelakunya lestari budayanya” dan memiliki agenda membahas Undang Undang No 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Dalam Kesempatan tersebut Wabup juga mengapresiasi Sanggar Seni Cahya Linuhung karena sudah banyak meraih prestasi dan melaksanakan kegiatan terkait seni budaya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pupuhunya mustika cahya linuhung, mudah mudahan semua terlaksana sesuai dengan visi misi Kabupaten Sukabumi untuk memajukan budaya bangsa khususnya budaya sunda yang ada di Sukabumi,” jelas Wabup.

Menurutnya, budaya yang ada harus berdampak multi player efek terhadap kesejahteraan di lingkungan jadi kesejahteraanya muncul dan budayanya terpelihara serta dilestarikan.

“Kita berharap pemerintah daerah bisa bersinergi bersama pelaku seni untuk mempertahankan juga mengoptimalkan budaya bangsa ini khususnya budaya sunda,” ujarnya.

Wabup meminta jajarannya terus melakukan pembinaan untuk memperluas eksistensi budaya baik melalui media – media tertentu, di lingkup pendidikan dan juga di masyarakat.” Tandasnya

Sementara di tempat yang sama Pimpinan sanggar seni mustika cahya linuhung Riyad Hariadi Mengatakan selama 8 tahun sanggar ini berdiri untuk melestarikan seni dan budaya.

“Sanggar seni cahya linuhung yang berada di Kecamatan Cibadak ini telah diajukan pada tahun 2013 untuk legalitasnya dan alhamdulillah pada tahun 2016 sesuai dengan aturan 3 tahun berjalan bisa di legalisasi oleh dinas kebudayaan,” jelas Riyad.

Dirinya menyebutkan selama 8 tahun telah cukup banyak yang dilakukan di antaranya mewakili Sukabumi mengisi acara di Taman Mini Indonesi indah, mewakili Provinsi Jawabarat dalam rangka gelar seni budaya indonesia di Taman Mini, dan masih banyak lagi termasuk mewakili Kabupaten Sukabumi di ajang Indonesia Orkresta Insample festival di Taman Ismail Marzuki.

 

 

Laporan : BA

Related posts

Bangkit Pasca Pandemi Penjualan Mobil Niaga Bekas Makin Menggeliat

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini